Erick Thohir Terseret Kasus Korupsi DJKA? Ini Klarifikasi Stafsus Menteri BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. (Instagram/erickthohir)
17:08
21 Agustus 2024

Erick Thohir Terseret Kasus Korupsi DJKA? Ini Klarifikasi Stafsus Menteri BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir buka suara perihal penyebutan namanya dalam kasus korupsi di lingkungian Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Namanya disebut oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menegaskan, pernyataan Hasto soal Erick Thohir bukan terkait kasu korupsi tersebut.

"Kalau dibaca omongan Hasto, tidak ada urusan Pak Erick dengan urusan DJKA," ujarnya kepada wartawan yang dikutip, Rabu (21/8/2024)

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto menyebut nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Kredit Macet Bank Banten Nyaris 10%, Gagal Bayar Utang Perusahaan BUMN Jadi Biang Kerok

Hal itu disampaikan Hasto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di KPK.

Hasto menjelaskan dirinya ditanya dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Tim Pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2010.

Dia menjelaskan Wasekjen PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo yang juga jadi saksi dalam kasus DJKA merupakan Kepala Sekretariat Rumah Aspirasi yang menjadi markas pemenangan Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019.

Pada Pilpres 2019, kata Hasto, Erick Thohir sebagai Ketua Tim Pemenangan meminta kepada jajaran timnya untuk bergotong-royong menggalang dana.

Dengan begitu, sejumlah jajaran tim pemenangan berhubungan dengan Direktur Prasarana Perkeretaapian, Harno Trimadi yang kini jadi tersangka dalam kasus DJKA Kemenhub.

Baca Juga: Mandiri Capital Indonesia Ramaikan Relawan Bakti BUMN 2024 di Desa Wisata Hilisimaetano

Saat itu berdasarkan kebijakan dari ketua tim pemenangan Bapak Erick Thohir dikatakan, bahwa ada pihak-pihak sesama jajaran yang kemudian bergotong royong, dan kemudian bertemulah Pak Adi Dharma ini dengan Bapak Budi Karya Sumadi," kata Hasto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2024).

"Nah setelah pertemuan itu ada penugasan terhadap Bapak Harno yang saat itu menjadi kepala biro. Lalu saudara Adi Dharmo mengirimkan handphone saya kepada Bapak Harno. Itu lah menurut saudara Adi Dharmo, asal-muasal mengapa saya diundang untuk diminta keterangan sebagai saksi," tambah dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #erick #thohir #terseret #kasus #korupsi #djka #klarifikasi #stafsus #menteri #bumn

KOMENTAR