Menikmati Keindahan Alam dan Air Terjun Lembah Tepus
Air Terjun Lembah Tepus. (Intagram Lembah Tepus)
10:07
26 September 2024

Menikmati Keindahan Alam dan Air Terjun Lembah Tepus

– Pernah mendengar Air Terjun Lembah Tepus? Air terjun ini berlokasi di Bogor. Tepatnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dengan keindahannya, air terjun Lembah Tepus menyuguhkan pengunjung dengan keindahan alam yang luar biasa. Airnya jernih dan tenang. Dikelilingi pepohonan hijau. Bagi wisatawan yang berkunjung ke sana bakal terpesona.

Air terjun Lembah Tepus sangat cocok sebagai dijadikan destinasi wisata, terutama bagi nature-lovers atau yang suka kegiatan outdoor.

Lokasi Air Terjun Lembah Tepus

Lokasi Air Terjun Lembah Tepus terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yaitu di Pasir Reungit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke Air Terjun Lembah Tepus, pengunjung perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dengan jarak kurang lebih 28 KM dari Stasiun Bogor, dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Setelah itu, perlu berjalan kaki menggunakan trek yang cukup mudah untuk dilalui. Pasalnya, akses jalan ke lokasi itu sudah tertata dengan batu dan cukup landai.

Mencapai lokasi Lokasi Air Terjun Lembah Tepus, pengunjung perlu melewati beberapa poin terlebih dahulu. Seperti Gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak, loket tiket Lembah Tepus, dan Lahan Kemah. Di sepanjang jalan pengunjung dapat melihat keindahan alam Gunung Salak.

Daya Tarik Air Terjun Lembah Tepus

Setelah melewati lahan kemah, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama yang mengagumkan. Aliran air jernih yang berkilau di bawah sinar matahari, dikelilingi oleh pepohonan hijau yang asri. Sehingga tidak heran jika banyak yang mengunjungi Air Terjun Lembah Tepus ini hanya untuk istirahat mengisi semangat hidup kembali.

Ketinggian Air Terjun Lembah Tepus memang tidak begitu tinggi, namun undakannya yang berisi air jernih memiliki pesonanya tersendiri. Undakan ini cukup luas, sehingga terlihat seperti kolam renang natural, yang dikelilingi tumbuhan-tumbuhan. Karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Salak, udara di sekitar Air Terjun Lembah Tepus terasa sejuk. Selain itu, airnya yang bersumber dari mata air pegunungan memiliki suhu yang dingin, sehingga membuat pengunjung yang berendam merasa segar.

Di beberapa kesempatan, air akan tampak berwarna biru jernih. Oleh karena itu banyak yang menjadikan Air Terjun Lembah Tepus ini sebagai spot berfoto-foto. Dengan lanskap yang seperti lukisan, destinasi wisata Air Terjun Lembah Tepus membawa ketenangan bagi pengunjungnya, melupakan hiruk pikuk kota.

Fasilitas pendukung di Air Terjun Lembah Tepus ini juga lumayan lengkap, dengan toilet, mushola, gazebo, dan juga warung yang menjual makanan dan minuman. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin makan, ke toilet, ataupun melakukan ibadah.

Biaya Masuk Air Terjun Lembah Tepus

Untuk dapat menikmati keindahan alam Air Terjun Lembah Tepus, pengunjung perlu membeli tiket Taman Nasional Gunung Halimun Salak seharga Rp 17.500 dan tiket Air Terjun Lembah Tepus di loket seharga Rp 10 ribu.

Destinasi wisata Air Terjun Lembah Tepus buka setiap hari, termasuk hari libur nasional, dengan waktu operasional dari pukul 07.00 hingga 17.00. Selain itu, pengunjung juga dapat bermalam di sini, menikmati sunset sambil berkemah dengan biaya sebesar Rp 30 ribu.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menikmati #keindahan #alam #terjun #lembah #tepus

KOMENTAR