Asus Umumkan Laptop ExpertBook B1, Nilai TKDN Tembus 40 Persen
Laptop Asus ExpertBook B1 diumumkan ke Indonesia pada Jumat (16/8/2024). Nilai TKDN laptop ini tembus lebih dari 40 persen. [Suara.com/Dicky Prastya]
14:16
16 Agustus 2024

Asus Umumkan Laptop ExpertBook B1, Nilai TKDN Tembus 40 Persen

Asus ExpertBook B1 akhirnya resmi diumumkan ke Indonesia. Ini adalah laptop Asus kelas bisnis yang memiliki nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan Beban Manfaat Produksi (BMP) mencapai lebih dari 40 persen. 

Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS South East Asia menyampaikan, pencapaian ini merupakan bukti komitmen mereka dalam mendukung industri dalam negeri serta memberdayakan ekonomi Indonesia. 

"Laptop ExpertBook yang dirancang khusus untuk para profesional bisnis, mencerminkan upaya ASUS dalam berkontribusi pada perkembangan teknologi lokal," katanya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (16/8/2024). 

Jimmy menambahkan bahwa produk ini telah menjalani serangkaian uji coba dan penilaian ketat. 

Baca Juga: Asus Vivobook S 15 OLED Resmi, Laptop AI Harga Rp 25 Juta

Semua komponen yang digunakan di dalam ExpertBook diklaim memiliki kualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, menjadikannya pilihan tepat untuk pengguna bisnis.

Ia melanjutkan, Asus juga berupaya untuk terus meningkatkan kualitas dan persentase komponen lokal melalui kolaborasi erat dengan mitra perakitan lokal.

Laptop Asus ExpertBook B1 diumumkan ke Indonesia pada Jumat (16/8/2024). Nilai TKDN laptop ini tembus lebih dari 40 persen. [Suara.com/Dicky Prastya]Laptop Asus ExpertBook B1 diumumkan ke Indonesia pada Jumat (16/8/2024). Nilai TKDN laptop ini tembus lebih dari 40 persen. [Suara.com/Dicky Prastya]

"Mulai dari bahan material hingga perangkat lunak tertentu telah dikembangkan oleh tenaga ahli dari Indonesia,” imbuhnya. 

Jimmy menjelaskan, capaian ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang mendorong penggunaan produk-produk berbasis lokal. 

Ia menilai ASUS tidak hanya menghadirkan teknologi terbaru, tetapi juga memastikan produk mereka mendukung visi nasional dalam meningkatkan perekonomian melalui pemberdayaan komponen lokal. 

Baca Juga: Infinix Inbook Air Pro Plus Siap Masuk ke Indonesia: Spek Menarik, Desain Mirip Macbook Air?

“Dengan tercapainya nilai TKDN ditambah BMP di atas 40%, laptop ini mendukung visi pemerintah Indonesia dalam mendorong kemandirian teknologi dan pengembangan industri dalam negeri,” timpal Jimmy.

Director of Commercial Products ASUS Indonesia, Yulianto Hasan menyampaikan, langkah ini merupakan wujud nyata dedikasi ASUS dalam mendukung industri lokal dan mendorong inovasi di Indonesia.

“Laptop ExpertBook B1 terbaru dengan nilai TKDN dan BMP yang tinggi ini tidak hanya memenuhi standar performa dan kualitas internasional, tetapi juga menjadi bagian dari upaya kami dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dan kami berhasil mencapainya tepat waktu,” ungkap Yulianto.

ASUS ExpertBook B1 (BG1408CVA) yang telah mencapai nilai TKDN dan BMP di atas 40% hadir dengan fitur-fitur canggih yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern. 

Beberapa fitur unggulannya meliputi ketahanan baterai yang lama, performa tinggi, keamanan data dengan enkripsi, serta desain yang elegan dan kuat. 

Model ini juga dilengkapi dengan garansi serta layanan purna jual yang memastikan kepuasan pelanggan.

Ke depan, ASUS berencana untuk memproduksi lebih banyak lini produk di dalam negeri. 

“Tak hanya memperbanyak varian produk, secara bertahap kami juga akan terus meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk produk-produk kami,” tambah Yulianto.

Target berikutnya, ASUS berupaya mencapai 65% TKDN dan BMP dalam waktu yang akan datang. 

“Langkah ini sekaligus menunjukkan bahwa ASUS semakin dekat dengan Indonesia,” jelasnya. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #asus #umumkan #laptop #expertbook #nilai #tkdn #tembus #persen

KOMENTAR