Snapdragon 4 Gen 2 vs 4s Gen 2: Mana yang Layak Dibeli?
Snapdragon 4s Gen 2 dan Snapdragon 4 Gen 2. [Qualcomm]
14:24
8 Agustus 2024

Snapdragon 4 Gen 2 vs 4s Gen 2: Mana yang Layak Dibeli?

Qualcomm baru-baru ini mengumumkan SoC barunya, Snapdragon 4s Gen 2. Meskipun prosesor baru ini diharapkan dapat digunakan pada smartphone terjangkau, tetapi tetap menawarkan beberapa fitur yang mengesankan.

Seperti yang diketahui, Qualcomm sudah memiliki model lain dengan nama yang mirip, yaitu Snapdragon 4 Gen 2. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai perbedaan kedua prosesor tersebut.

Dilansir dari Gizmochina pada Kamis (8/8/2024), berikut ini perbedaan antara Snapdragon 4s Gen 2 dan Snapdragon 4 Gen 2:

1. Spesifikasi teknis

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tablet Snapdragon untuk Main Game, Terbaik Agustus 2024

Kedua SoC dikembangkan dengan proses manufaktur 4nm, tetapi ada perbedaan. Snapdragon 4 Gen 2 menawarkan kinerja tinggi dengan inti Kryo yang memiliki clock hingga 2,2 GHz dan GPU Adreno 613. Sedangkan Snapdragon 4s Gen 2 memiliki inti Kryo yang memiliki clock hingga 2,0 GHz dan GPU Adreno 610.

Kedua model menyediakan konektivitas 5G. Mengenai dukungan kamera, Snapdragon 4 Gen 2 mendukung hingga 108MP, sementara Snapdragon 4s Gen 2 mendukung hingga 84MP.

Selain itu, keduanya mendukung teknologi Quick Charge 4+ untuk pengisian cepat. Snapdragon 4 Gen 2 mendukung layar Full HD+ dengan refresh rate 120Hz, sedangkan Snapdragon 4s Gen 2 mendukung layar Full HD+ dengan refresh rate 90Hz.

Snapragon 4s Gen 2. [Qualcomm]Snapragon 4s Gen 2. [Qualcomm]

2. Kinerja CPU dan GPU

Snapdragon 4 Gen 2, dengan kecepatan clock yang lebih tinggi dan GPU yang lebih canggih, menawarkan kinerja yang lebih cepat dan lebih lancar untuk penggunaan sehari-hari.

Baca Juga: Nampang di Situs Resmi, Samsung Galaxy F14 4G Pakai Chipset Kencang Qualcomm

Keunggulan GPU Adreno 613 pun jelas, terutama dalam aplikasi dan game yang membutuhkan grafis intensif.

3. Konektivitas

Kedua prosesor menawarkan dukungan 5G, tetapi Snapdragon 4 Gen 2 dengan sistem Snapdragon X61 5G Modem-RF memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan efisiensi yang lebih baik.

Artinya, konetivitas internet yang ditawarkan lebih cepat dan jangkauan yang lebih andal.

Snapdragon 4 Gen 2. [Qualcomm]Snapdragon 4 Gen 2. [Qualcomm]

4. Daya tahan baterai

Berkat proses manufaktur 4nm, Snapdragon 4 Gen 2 sangat efisien dalam hal konsumsi energi. Konsumsi daya yang lebih rendah memperpanjang masa pakai baterai, sehingga perangkat dapat digunakan lebih lama.

Selain itu, Snapdragon 4 Gen 2 menawarkan kemampuan pengisian daya yang lebih cepat dengan teknologi Quick Charge 4+.

Di sisi lain, Snapdragon 4s Gen 2 cukup efisien dalam konsumsi energi. Namun, prosesor ini tetap memberikan kinerja dan daya tahan baterai yang layak untuk perangkat tingkat pemula.

Meskipun keduanya cukup mirip satu sama lain, Snapdragon 4s Gen 2 menawarkan sangat sedikit keunggulan dibandingkan pendahulunya.

Itulah beberapa perbandingan antara Snapdragon 4 Gen 2 dan Snapdragon 4s Gen 2 yang perlu diketahui.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #snapdragon #mana #yang #layak #dibeli

KOMENTAR