Smart TV Premium Samsung Usung Fitur AI, Harga Puluhan Juta Rupiah
Samsung AI TV, QN900D. (Samsung)
10:48
5 Agustus 2024

Smart TV Premium Samsung Usung Fitur AI, Harga Puluhan Juta Rupiah

Samsung resmi mengenalkan smart TV premium dengan beragam fitur AI pada awal Agustus 2024. Perusahaan mengklaim bahwa Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memungkinkan layar semakin memanjakan mata.

"Kami memperluas kemampuan pengalaman hiburan di rumah dengan pengintegrasian AI melalui cara-cara yang melampaui pengalaman menonton tradisional," kata SW Yong, President and Head of the Visual Display Business di Samsung Electronics.

Salah satu produk yang dikenalkan adalah smart TV Neo QLED 8K. Ini merupakan produk flagship dalam rangkaian TV terbaru Samsung, yang dilengkapi dengan prosesor NQ8 AI Gen3 canggih.

Prosesor memiliki fitur Neural Processing Unit (NPU) dengan kecepatan dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Selain itu, jumlah neural network yang naik delapan kali lipat dari 64 menjadi 512 memastikan pengalaman menonton lebih baik lagi.

Baca Juga: Xiaomi TV A Pro 43 dan 55 Rilis ke Indonesia, Smart TV Harga Rp 4 Jutaan

"Setiap tayangan di Neo QLED 8K akan sangat memanjakan mata berkat teknologi gambar berbasis AI. Teknologi ini menghadirkan detail terbaik dengan tingkat kejernihan dan tampilan alami yang luar biasa, mulai dari ekspresi wajah hingga nuansa yang paling lembut sekalipun," klaim Samsung dikutip melalui keterangan resminya, Minggu (04/08/2024).

Samsung AI TV, QN800D. (Samsung)Samsung AI TV, QN800D. (Samsung)

Dengan 8K AI Upscaling Pro, acara dan film favorit dapat ditingkatkan kualitasnya untuk menghasilkan tampilan yang setara 8K. Itu membuat mereka dapat menikmati detail dan kejernihan gambar yang melebihi TV 4K konvensional.

Selain itu, AI Motion Enhancer Pro akan membuat pergerakan cepat menjadi lebih halus dan jelas. Real Depth Enhancer Pro akan menambahkan kedalaman yang nyata pada gambar dan ‘menenggelamkan’ pengguna ke dalam adegan setiap saat. Semua fitur ini meredefinisikan pengalaman menonton di layar besar dan menetapkan standar baru dalam visual yang imersif.

Neo QLED 8K TV juga menghadirkan audio yang didukung oleh teknologi suara AI. Fitur Active Voice Amplifier Pro tahun ini mampu memisahkan dialog dari noise yang terdengar di latar belakang, untuk memastikan setiap kata terdengar dengan jelas oleh penonton.

Neo QLED 8K juga dilengkapi dengan fitur AI yang memahami dan beradaptasi dengan kebutuhan pengguna. AI Auto Game Mode akan aktif selama gaming, mengoptimalkan visual dan audio untuk pengalaman gaming lebih imersif dan menarik.

Baca Juga: Daftar Harga Smart TV Xiaomi Mei 2024, Mulai dari Rp 1 Jutaan

AI Customization Mode menyesuaikan gambar untuk setiap adegan berdasarkan preferensi pengguna, sementara AI Energy Mode akan membantu menghemat daya tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Menawarkan layar hingga 85 inci, smart TV premium bak menghadirkan 'bioskop mini' di dalam rumah. Perangkat tersedia dalam dua model, QN900D dan QN800D, dan dalam ukuran 65, 75, dan 85 inci.

Harga Neo QLED 8K QN800D Smart TV (2024) versi 65 inci dibanderol sebesar Rp 50.882.000. Model tertinggi yaitu Neo QLED 8K QN900D Smart TV (2024) dapat dibeli dengan harga Rp 132.294.000.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #smart #premium #samsung #usung #fitur #harga #puluhan #juta #rupiah

KOMENTAR