Rumus Luas Trapesium dan Contoh Soal Perhitungannya
rumus luas trapesium (freepik)
09:48
2 Agustus 2024

Rumus Luas Trapesium dan Contoh Soal Perhitungannya

Sering melihat trapesium, tapi belum tahu bagaimana cara menghitung luasnya? Tak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan mengenai rumus luas trapesium beserta contoh perhitungannya.

Trapesium merupakan bangun datar segi empat yang memiliki dua sisi sejajar. Karena bangun datar, maka trapesium merupakan bangun dua dimensi, di mana sisi-sisi yang sejajar itu dinamakan alas, sedangkan sisi lainnya yang tidak sejajar disebut kaki atau sisi lateral.

Jika dilihat dari jenisnya, trapesium dibagi menjadi tiga yaitu trapesium siku-siku, sama kaki, dan tidak beraturan. Trapesium siku-siku adalah trapesium yang punya sepasang sudut siku-siku, dan bisa digunakan untuk memperkirakan luas daerah di bawah kurva.

Lalu, trapesium sama kaki adalah trapesium yang memiliki kaki atau sisi trapesium yang tidak sejajar sama panjang. Sudut-sudut sisi sejajar (alas) pada trapesium jenis ini sama besar, dan memiliki simetri lipat dan kedua diagonalnya sama panjang.

Baca Juga: Cara Menghitung Akar Pangkat 3, Cukup Hapalkan Satu Tabel Ini

Sedangkan trapesium tidak beraturan adalah ketika trapesium memiliki sisi dan sudut trapesium yang tidak sama. Pada trapesium tidak beraturan, keempat sisinya yaitu AB, BC, CD, dan DA biasanya memiliki panjang yang berbeda. Nah, sekarang mari kita pelajari rumus trapesium!

Rumus Luas Trapesium

Untuk menghitung luas bangun trapesium, maka kamu bisa menggunakan rumus ini:

Luas trapesium = ½ x (alas a + alas b) x tinggi trapesium

Sebetulnya rumus luas trapesium ini bisa digunakan untuk berbagai jenis trapesium. Tapi untuk rumus trapesium sama kaki dan trapesium tidak beraturan, terkadang kamu harus mencari tinggi trapesium terlebih dahulu baru bisa menggunakan rumus luas trapesium.

Baca Juga: Daftar Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Contoh:

Sebuah trapesium memiliki panjang alas 6 cm dan 12 cm, lalu tinggi dari trapesium tersebut adalah 8 cm. Berapa luas trapesium tersebut?

Luas trapesium = ½ x (alas a + alas b) x tinggi trapesium = ½ x (6 + 12) x 8 = 72 cm persegi.

Selain luas trapesium, rumus keliling trapesium juga penting untuk diketahui. Berikut ini adalah rumus keliling bangun trapesium:

Keliling trapesium = a + b + c + d (semua sisi ditambahkan)

Untuk mencari keliling trapesium, kamu perlu mencari terlebih dahulu sisi miringnya menggunakan phytagoras.

Contoh:

Sebuah trapesium memiliki panjang alas 3 cm dan 6 cm, dan tinggi 4 cm. Lalu, berapa keliling trapesium itu?

Keliling trapesium = a + b + c + d = 3 + 4 + 6 + 5 = 18 cm.

Bagaimana, cara menghitung luas dan keliling trapesium cukup mudah, bukan? Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan mudah dipahami.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #rumus #luas #trapesium #contoh #soal #perhitungannya

KOMENTAR