Samsung One UI 7 Bakal Tiru Fitur Xiaomi HyperOS?
Ilustrasi HP Samsung. [Unsplash/Christian Wiediger]
10:56
29 Juli 2024

Samsung One UI 7 Bakal Tiru Fitur Xiaomi HyperOS?

Samsung diperkirakan akan memulai fase beta Android 15 untuk perangkat Galaxy dalam beberapa minggu mendatang. Namun, pembaruan yang hadir sebagai One UI 7 ini disebut akan meniru fitur yang ada di Xiaomi HyperOS.

Fitur yang disalin itu adalah split panel. Versi One UI saat ini membuat panel quick settings dapat diakses dengan terlebih dahulu membuka panel notifikasi dengan menggesek layar dari atas ke bawah.

Ini biasanya memerlukan dua gesekan ke bawah jika jika memiliki notifikasi aktif. Samsung kini dikabarkan akan mengubah gestur tersebut di One UI 7.

Menurut lekaer Chun Bai melalui Smart Prix pada Senin (29/7/2024), mengakses panel quick settings akan dilakukan serupa di HyperOS Xiaomi atau sebanding dengan iOS di iPhone, di mana pengguna harus menggeser ke bawah dari sisi kanan layar.

Baca Juga: Samsung Galaxy A56 Diprediksi Bawa Exynos 1580, Performa Lebih Kencang

One UI 7 berbasis Android 15. [Smart Prix / Chun Bai]One UI 7 berbasis Android 15. [Smart Prix / Chun Bai]

Di sisi lain, menggesek dari bagian kiri akan membuka seluruh panel notifikasi. Ini adalah cara yang lebih cepat untuk membuka salah satu panel, namun gerakannya perlu dibiasakan bagi pengguna baru.

Selain gestur, bocoroan One UI 7 juga menunjukkan bahwa Samsung memberikan perubahan sederhana pada OS Android 15. Terbukti, quick setting dan UI sistem lainnya akan menggabungkan elemen yang sedikit lebih bulat dengan beberapa aplikasi akan mendapatkan ikon yang lebih berwarna.

Di sisi lain, Samsung juga dikabarkan akan menambahkan fitur baru di One UI 7 secara khusus.

Fitur baru khusus yang dikabarkan akan diperkenalkan dengan One UI 7 adalah Continuity notifications. Menurut Samsung, fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pemberitahuan ke perangkat Galaxy lain yang terhubung di mana pengguna kemudian dapat melanjutkan panggilan suara atau video di sana dengan lancar.

Baca Juga: Bukan Apple User, Harga HP Android Tiara Andini Bikin Melongo: Setara iPhone 15!

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #samsung #bakal #tiru #fitur #xiaomi #hyperos

KOMENTAR