Indibiz Mengubah Wajah UMKM Indonesia dengan Sentuhan Digital
Ilustrasi digitalisasi. [Buffik/Pixabay]
11:56
25 Juli 2024

Indibiz Mengubah Wajah UMKM Indonesia dengan Sentuhan Digital

Indibiz, solusi digital dunia usaha milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. untuk bisnis UKM di tujuh sektor usaha.

Mulai dari sektor pendidikan melalui Indibiz Sekolah. Sektor F&B dan pertokoan melalui Indibiz Ruko.

Sektor keuangan melalui Indibiz Multifinance. Sektor perhotelan dan hospitality melalui Indibiz Hotel.

Sektor kesehatan melalui Indibiz Health. Sektor energi dan pertambangan melalui Indibiz Energi dan sektor logistik dan transportasi melalui Indibiz Ekspedisi.

Baca Juga: XL Axiata Gelar Pelatihan Kompetensi Digital dan Program Siap Kerja Buat Disabilitas

Setahun berjalan, Indibiz telah mampu menghasilkan pertumbuhan revenue pada segmen SME Telkom sejumlah YoY 17 persen.

Jumlah UKM di Indonesia yang melonjak dari tahun ke tahun menjadi potensi yang membuat Indibiz cukup prospektif bagi Telkom.

Diketahui, sampai akhir 2023, jumlah total Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 65 juta unit. UMKM ini memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Dari jumal itu telah menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja dan menyumbang 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Dari tahun ke tahun, kesadaran para pengusaha untuk beralih ke digital pun semakin meningkat.

Baca Juga: Solusi Bila Lupa Password Wifi, Ini Langkah-langkah Mendapatkannya Kembali

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat bahwa hingga akhir 2023, sekitar 30 persen dari total UKM di Indonesia telah melakukan digitalisasi.

Ilustrasi Indibiz.Ilustrasi Indibiz.

Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan terbarunya menunjukkan bahwa UKM yang telah terhubung dengan platform digital mengalami peningkatan pendapatan sebesar 26 persen dibandingkan dengan UKM yang belum melakukan digitalisasi.

Target untuk menjadi solusi digital untuk UKM semakin nyata. Hingga kini, Indibiz telah melayani ribuan pelanggan dari berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, perhotelan, dan retail.

Selain itu, Indibiz juga telah menjalin kemitraan dengan berbagai startup dan pengembang teknologi untuk memperkuat ekosistem digitalnya.

Melihat prospek ke depan, potensi revenue layanan ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya UKM yang beralih ke solusi digital.

Strategi transformasi yang terus berjalan dan sinergi yang kuat antara Indibiz dan Telkom, diharapkan revenue dari segmen B2B akan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada tahun mendatang.

Dengan berbagai inisiatif dan kerja sama yang terus berkembang, Indibiz siap untuk membawa Telkom ke level yang lebih tinggi dalam dunia digital.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #indibiz #mengubah #wajah #umkm #indonesia #dengan #sentuhan #digital

KOMENTAR