Ditelepon Nomor Greater Jakarta: Penipuan atau Bukan?
Ilustrasi Telepon
11:40
24 Juli 2024

Ditelepon Nomor Greater Jakarta: Penipuan atau Bukan?

Belakangan ini, banyak orang yang menerima panggilan telepon dengan nama "Greater Jakarta" di layar ponsel mereka. Bahkan nama ini sering menghubungi, namun nomornya tidak dikenal.

Hal ini menimbulkan pertanyaan: Apakah nomor Greater Jakarta penipuan?

Apa itu Greater Jakarta?

Greater Jakarta bukan merupakan operator seluler atau layanan tertentu. Melainkan, Greater Jakarta adalah nama yang muncul di layar ponsel ketika menerima panggilan telepon dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Baca Juga: Berlagak Bayar Pakai QRIS, Begini Tampang Jambret Ponsel Wanita Pemilik Warung

Sayangnya, beberapa oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan nama Greater Jakarta untuk melancarkan aksi penipuan. Modus yang digunakan beragam, seperti:

Penipuan berkedok kurir paket: Penipu mengaku sebagai kurir paket dan meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang dengan dalih ongkos kirim atau verifikasi data.

Penipuan berkedok bank: Penipu mengaku sebagai pegawai bank dan menginformasikan adanya aktivitas mencurigakan di rekening korban. Kemudian, mereka akan meminta korban untuk memberikan data pribadi atau melakukan transfer uang.

Penipuan berkedok lelang online: Penipu menawarkan barang lelang dengan harga murah dan meminta korban untuk mentransfer uang terlebih dahulu.

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Greater Jakarta:

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan Terbaru di Jalanan! Kenali dan Hindari Berbagai Skenario Licik Para Penjahat

  • Waspada terhadap panggilan tak dikenal: Jika Anda menerima panggilan dari nomor Greater Jakarta yang tidak dikenal, sebaiknya berhati-hatilah. Jangan mudah percaya dengan informasi yang disampaikan penelepon.
  • Jangan terburu-buru: Jika penelepon meminta Anda untuk segera melakukan transfer uang atau memberikan data pribadi, jangan terburu-buru. Lakukan verifikasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak terkait secara resmi.
  •  Laporkan ke pihak berwajib: Jika Anda merasa menjadi korban penipuan, segera laporkan ke pihak berwajib.
  • Nomor Greater Jakarta tidak selalu identik dengan penipuan. Namun, Anda perlu tetap waspada dan berhati-hati saat menerima panggilan dari nomor tersebut.

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #ditelepon #nomor #greater #jakarta #penipuan #atau #bukan

KOMENTAR