Lawan Starlink! Rusia Siap Luncurkan Internet Satelit Sendiri
Ilustrasi Satelit Starlink Elon Musk. [Twitter/X Starlink]
09:40
20 Juli 2024

Lawan Starlink! Rusia Siap Luncurkan Internet Satelit Sendiri

Menyusul kesuksesan Starlink, Rusia bersiap meluncurkan layanan internet satelitnya sendiri. Operator sistem satelit baru akan menyediakan internet berkecepatan tinggi melalui satelit orbit non-geostasioner, menjangkau pengguna individu dan perusahaan transportasi.

Dilansir dari Izvestia, pengguna dapat membeli perangkat pemancar-penerima untuk terhubung ke internet satelit ini, yang dapat dipasang di mobil, pesawat, atau gerbong kereta.

Hal ini memungkinkan akses internet di berbagai moda transportasi, termasuk di daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan internet terestrial.

Pada Mei 2024, Perusahaan Kereta Api Rusia (RZD) menandatangani perjanjian kerja sama dengan perusahaan ruang angkasa BURO 1440 untuk mengembangkan layanan digital berbasis satelit orbit rendah. Kolaborasi ini bertujuan menciptakan solusi IT yang inovatif untuk industri transportasi.

Baca Juga: Etika Berjejaring, Menciptakan Ruang Digital Bebas dari Cyber Bullying

Evgeny Charkin, Direktur Teknologi Informasi RZD, menjelaskan jika kehadiran pesaing Star Link ini sangat dibutuhkan untuk masyarakat Rusia.

"Layanan berbasis komunikasi satelit orbit rendah sangat dibutuhkan untuk transportasi penumpang dan kargo di seluruh Rusia, termasuk untuk pengoperasian kendaraan tanpa awak." ujarnya.

Menteri Pengembangan Digital, Komunikasi, dan Media Massa Rusia, Maksut Shadaev, mengumumkan bahwa Wi-Fi akan tersedia di dalam pesawat Rusia mulai 2028. Hal ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan konektivitas dan kenyamanan bagi para penumpang.

Rusia berencana meluncurkan 737 satelit orbit rendah pada tahun 2030. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan internet terestrial dan memperluas jangkauan internet ke seluruh wilayah Rusia.

Menurut dokumen dari Komisi Negara untuk Frekuensi Radio, Rusia mengalokasikan rentang frekuensi untuk "pihak yang tidak ditentukan" untuk pengembangan, produksi, dan penggunaan terminal sistem non-geostasioner. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah Rusia untuk mendukung pengembangan internet satelit.

Baca Juga: Vizza Dara Ingatkan Gen Z Pentingnya Keamanan dan Etika di Dunia Maya

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #lawan #starlink #rusia #siap #luncurkan #internet #satelit #sendiri

KOMENTAR