5 Kekurangan MIUI, Banyak Dibenci User Xiaomi?
Ilustrasi sistem operasi Xiaomi, MIUI. [Shutterstock]
14:24
5 Juli 2024

5 Kekurangan MIUI, Banyak Dibenci User Xiaomi?

Skin Android khusus dari Xiaomi, MIUI, hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan pengguna HP Xiaomi, khususnya setelah hadirnya HyperOS.

Beberapa pengguna menyebut bahwa MIUI terkadang mendapat reputasi buruk. Berikut ini beberapa kekurangan MIUI yang membuatnya tidak disukai sebagian besar pengguna HP Xiaomi:

1. Bloatware dan iklan

Salah satu keluhan umum tentang MIUI adalah bloatware. Sebagian besar perangkat Xiaomi dilengkapi dengan aplikasi pra-instal yang tidak memberikan banyak manfaat bagi sebagian besar pengguna.

Baca Juga: Cara Mengubah Warna Keyboard di HP Android, Jadi Lebih Menarik!

Pasalnya, itu memperlambat perangkat seiring waktu dan menghabiskan ruang penyimpanan.

Selain itu, MIUI diketahui telah dikritik karena iklannya di elemen antarmuka pengguna dalam aplikasi sistem, pada halaman pemindaian keamanan, folder aplikasi, dan bahkan menu pengaturan, sehingga banyak pengguna mengatakan bahwa ini adalah sebuah kesalahan karena mengganggu.

2. Kustomisasi berat

Meskipun penyesuaian tingkat mendalam seperti itu bisa memanjakan banyak pengguna yang ingin mempersonalisasi perangkat hingga ke seluk beluknya, versi Android MIUI sering disebut sebagai intrusi berlebihan.

Ada begitu banyak perbedaan pada tampilan Android bawaan sehingga hampir membuat penggunanya merasa lebih rendah dibandingkan desain Android murni yang lebih bersih.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Xiaomi Rp 1 Jutaan Terbaik Juli 2024, Memori Besar Performa Handal

Penyesuaiannya sangat berat sehingga peluncuran pembaruan baru lebih lambat dari biasanya, mengingat Xiaomi memerlukan waktu lebih lama untuk merombak MIUI agar selaras dengan versi Android terbaru.

3. Masalah privasi

Privasi adalah masalah serius lainnya bagi pengguna MIUI, karena beberapa laporan di masa lalu yang mempertanyakan cara MIUI menangani data pengguna, dan beberapa orang menuduh data yang sama dikirim ke server yang berlokasi di wilayah dengan perlindungan privasi yang sangat buruk.

Meskipun Xiaomi telah mengambil tindakan untuk menanggapi kekhawatiran ini, keraguan masih tetap ada di kalangan pengguna yang sadar akan privasi.

Ilustrasi MIUI. [Nikita Stefan/Unsplash]Ilustrasi MIUI. [Nikita Stefan/Unsplash]

4. Kinerja sistem

Jika MIUI dirancang dengan mempertimbangkan beberapa fungsi tambahan, kelebihan fitur dan bobot tambahan pada lapisan UI mungkin terbukti terlalu berat bagi sistem, terutama pada model kelas bawah.

Sebagian besar pengguna mengeluhkan kelambatan, animasi tersendat, dan respons tertunda.

5. Kebijakan pembaruan

Selain itu, masalah kontradiksi lainnya adalah kebijakan pembaruan MIUI. Meskipun MIUI sangat sering diperbarui, pembaruan tersebut mungkin tidak bersamaan dengan versi Android yang baru.

Pengguna bisa mendapatkan pembaruan MIUI yang meningkatkan antarmuka dan fitur, tetapi pada saat yang sama, akan membuat frustasi jika pengguna menunggu versi Android yang diharapkan dengan peningkatan sistem dan patch keamanan baru.

Itulah beberapa kekurangan MIUI yang sering dikeluhkan oleh pengguna Xiaomi.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #kekurangan #miui #banyak #dibenci #user #xiaomi

KOMENTAR