Buruh Samsung Mogok Bertepatan dengan Peluncuran Galaxy S25
Aksi mogok digelar buruh Samsung Electronics di sela peluncuran Galaxy S25 di Paris pada 10 Juli 2024. [Shutterstock]
14:32
2 Juli 2024

Buruh Samsung Mogok Bertepatan dengan Peluncuran Galaxy S25

Serikat buruh Samsung Electronics mengumumkan akan menggelar mogok kerja pada 8 - 10 Juli mendatang, bertepatan dengan peluncuran ponsel premium terbaru merek asal Korsel itu, yang diduga sebagai Galaxy S25.

Seperti diwartakan Reuters, Selasa (2/6/2024), serikat pekerja Samsung Electronics menggelar mogok kerja untuk menuntut tranparansi soal bonus, cuti dan mendesak agar mereka diperlakukan sebagai mitra yang setara oleh perusahaan.

Pemimpin serikat buruh Samsung Electronics, Son Woo-mok mengatakan pihaknya masih mengatur tentang berapa jumlah buruh yang ikut dalam aksi tersebut.

Menurut para analis, aksi mogok tersebut tidak akan berpengaruh banyak pada perusahaan karena tidak mengganggi produksi cip. Sebagian besar cip Samsung sudah diproduksi secara otomatis.

Baca Juga: Samsung Galaxy S25 Dikabarkan Gunakan Prosesor Andalan MediaTek

Tetapi analis lain bilang bahwa pengaruh pada Samsung akan terlihat jika para buruh di pabrik cip ikut terlibat dalam aksi mogok. 

"Pabrik cip tak bisa beroperasi dengan buruh pengganti," kata Kim Yang Paeng, analis dari Korea Institute for Industrial Economics and Trade.

Serikat buruh semakin menarik perhatian para pekerja Samsung setelah perusahaan berusaha mencegah dan menakut-nakuti karyawan yang ingin bergabung ke serikat.

Pada Juni lalu, para buruh di pabrik-pabrik Samsung serempak mengambil cuti tahunan setelah digerakkan oleh serikat buruh. Samsung ketika itu mengeklaim bahwa aksi buruh itu tak berdampak terhadap produksi.

"Rencana mogok ini menandai titik balik dalam sejarah Samsung. Ini bisa dimaknai sebagai turunnya loyalitas pekerja, yang dipicu oleh upah dan kompensasi yang lebih rendah dibandingkan dengan karyawan di perusahaan saingan," kata seorang analis di Seoul.

Baca Juga: Eksklusif Snapdragon! Samsung Galaxy S25 Series Tak Lagi Pakai Exynos?

Aksi mogok ini digelar ketika Samsung pada 10 Juli akan meluncurkan ponsel premium terbarunya, yang diduga sebagai Galaxy S25 di Paris, Prancis. Belum diketahui apakah aksi buruh itu akan berpengaruh pada produksi gawai mewah tersebut.

Editor: Liberty Jemadu

Tag:  #buruh #samsung #mogok #bertepatan #dengan #peluncuran #galaxy

KOMENTAR