12 HP Paling Rentan Kena Serangan Malware, Pengguna Android Perlu Ketar-ketir!
Ilustrasi serangan malware (Pexels.com)
12:40
27 Juni 2024

12 HP Paling Rentan Kena Serangan Malware, Pengguna Android Perlu Ketar-ketir!

Check Point belum lama ini mengungkap 12 HP paling rentan kena serangan malware. Dari deretan HP di bawah ini, mana yang sedang kamu gunakan sehari-hari?

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Check Point, ditemukan lebih dari 120 serangan siber dengan malware Rafel RAT yang bisa saja berbahaya untuk tindakan pencurian data pribadi yang selama ini mengancam.

Penelitian ini menunjukan bahwa korban serangan malware paling banyak berada di kawasan Amerika, China dan Indonesia. Beberapa wilayah lain yang ikut terdampak adalah India, Australia, Prancis, Jerman, Italia hingga Rusia.

Dari semua sistem operasi, HP dengan dukungan Android 11 atau versi sebelumnya menjadi yang paling riskan terkena ancaman serangan malware yang berbahaya.
Selanjutnya, pengguna HP dengan sistem operasi Android 8 dan Android 5 juga ikut memiliki ancaman yang sama. Diduga hal ini karena HP dengan sistem operasi lawas sudah tidak lagi menerima update keamanan.

Baca Juga: WhatsApp Berhenti Beroperasi di 36 HP Ini, Terpaksa Harus Ganti!

Berdasarkan data dari Check Point, berikut 12 HP paling rentan kena serangan malware. Dari daftar ini, ada HP yang kamu gunakan?

  1. LG Nexus
  2. Samsung Galaxy A
  3. Google Pixel
  4. Samsung Galaxy S
  5. Xiaomi Redmi
  6. OnePlus
  7. Vivo Y
  8. Motorola One
  9. Vivo S
  10. Huawei Enjoy
  11. Xiaomi
  12. Samsung Galaxy Note

Check Point menyebut jika ancaman serangan malware Rafel RAT ini rupanya berasal dari download APK berbahaya yang tidak tersedia secara resmi di Google Play Store.

Memiliki ancaman serius yang patut untuk diwaspadai, itu tadi 12 HP paling rentan kena serangan malware. Ada perangkat yang kamu pakai sehari-hari?

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #paling #rentan #kena #serangan #malware #pengguna #android #perlu #ketar #ketir

KOMENTAR