Cara Mengaktifkan Live Caption di HP Samsung, Tampilkan Subtitle Otomatis
HP Samsung Galaxy S24 mendukung fitur Live Caption. [Samsung]
14:48
17 Juni 2024

Cara Mengaktifkan Live Caption di HP Samsung, Tampilkan Subtitle Otomatis

Samsung mempunyai sejumlah fitur yang memudahkan para penggunanya. Berikut terdapat penjelasan mengenai cara mengaktifkan Live Caption di HP Samsung.

Sebagai informasi, Live Caption akan mendeteksi audio secara otomatis setelah aktif. Dengan fitur ini, smartphone bakal mentranskripsi audio yang diputar secara real-time.

Pengguna bakal menikmati 'subtitle' yang otomatis terpampang pada layar. Dalam kondisi tertentu, kita kerap menemukan video tanpa subtitle di dalamnya. Live Caption memungkinkan suara bisa diubah ke dalam teks secara langsung.

Perlu diketahui, Live Caption dengan fitur Advance hanya tersedia di HP flagship Samsung. Namun, beberapa HP kelas menengah perusahaan sudah mengadopsi fitur versi standarnya.

Baca Juga: Intip Smartphone Racikan BMW dengan Harga Terjangkau: Modal 3 Jutaan, Siap Dibawa Pulang

Deretan HP flagship Samsung yang menyediakan Live Caption dan Live Transcribe dengan memanfaatkan AI yaitu Galaxy S20, Galaxy S21, Galaxy S23, dan Galaxy S24 series. Berikut cara mengaktifkan Live Caption di HP Samsung:

  • Buka menu Settings.
  • Pilih Accessibility.
  • Klik Hearing Enhancements.
  • Aktifkan Live Caption dengan menggeser toggle ke arah kanan.

Informasi tambahan, Anda dapat menggunakan Live Caption pada media seperti video, podcast, panggilan telepon, panggilan video, dan pesan audio.

Samsung Galaxy S24 Ultra resmi dikenalkan ke Indonesia pada Kamis (18/1/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Samsung Galaxy S24 Ultra. [Suara.com/Dicky Prastya]

Live Caption bahkan akan memberi teks pada pesan suara secara langsung saat Anda menggunakan metode *86 untuk mengakses pesan suara Anda. Fitur tersebut tersedia dalam Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, dan Spanyol.

Samsung juga menyediakan fitur bernama Live Transcribe. Fitur ini menggunakan speaker eksternal smartphone untuk memberikan transkrip percakapan yang terjadi di sekitar ponsel.

Live Transcribe memberikan deskripsi untuk elemen non-verbal, seperti saat musik diputar. Anda bahkan dapat membuat transkrip pesan suara menggunakan aplikasi pesan suara visual, jika audio diputar di speaker.

Baca Juga: Baterai iPhone Lelet? Ini 5 Trik Rahasia Charger Kilat!

Memanfaatkan Live Transcribe, pengguna bisa mengubah audio menjadi teks, lantas mengopi teks untuk menerjemahkannya. Berikut cara mengaktifkan Live Transcribe di HP Samsung

  • Buka menu Settings.
  • Pilih Accessibility.
  • Klik Live Transcribe, kemudian pilih Open Live Transcribe.
  • Sebagai catatan, kalian dapat menambah shortcut Live Transcribe dengan memilih Live Transcribe Shortcut. Fitur ini juga bisa diakses melalui swipe down di layar utama.
  • Saat Live Transcribe terbuka, klik Recent App, ketuk serta tahan Live Transcribe untuk menambahkannya ke Multi-Window.
  • Anda dapat membuka pesan suara di jendela lain dan memutar pesan suara di speaker. Live Transcribe akan membuat transkrip pesan suara Anda secara real-time.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #cara #mengaktifkan #live #caption #samsung #tampilkan #subtitle #otomatis

KOMENTAR