Netizen Ubah Nama Sukolilo di Google Maps: Dari 'Kampung Maling' hingga 'Area SDM Rendah'
Netizen ubah nama salah satu tempat di Sukolilo menjadi Kampung Maling. (Google Maps)
14:56
14 Juni 2024

Netizen Ubah Nama Sukolilo di Google Maps: Dari 'Kampung Maling' hingga 'Area SDM Rendah'

Kasus viral bos rental mobil dikeroyok warga di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menuai perhatian publik hingga kini. Melampiaskan kemarahan, oknum netizen mengganti nama serta menandai Sukolilo sebagai 'Kampung Maling' di Google Maps.

Sebagai informasi, empat korban dikeroyok massa di Desa Sumbersoko pada Kamis (06/06/2024) lalu. Salah seorang korban berinisal BH (52) asal Kemayoran, Jakarta Pusat tewas usai dihajar dan diteriaki maling.

Berdasarkan keterangan dari kepolisian, korban yang meninggal dunia tersebut merupakan bos rental mobil. Salah satu video viral menampilkan oknum warga yang menimpuk korban menggunakan batu berukuran besar.

Postingan video yang viral di X dan Instagram lantas memancing kemarahan publik. Apalagi terdapat beberapa pengakuan bahwa banyak oknum yang menggelapkan mobil di Sukolilo.

Baca Juga: Detik-detik Sopir Mobil Terjebak di Bawah Kontainer, Masih Sempat Ngobrol!

Selain itu, beredar tuduhan bahwa kendaraan pelat bodong laris manis di daerah tersebut. Netizen lantas melampiaskan kemarahan dengan mengedit keterangan di Google Maps.

Tangkapan layar google maps yang menyebut kampung maling di TikTok @bolo_pati. Tangkapan layar google maps yang menyebut kampung maling di TikTok @bolo_pati.

Sebagai catatan, Google Maps dan Wikipedia mempunyai fitur khusus yang memungkinkan pengguna umum bisa mengedit informasi di dalamnya. Pantauan melalui Google Maps, beberapa daerah di sekitar Sukolilo diubah namanya oleh netizen.

Deretan nama yang ada pada Google Maps mencakup Kampung Maling, Desa Maling, Desa Penadah, Awas Kawasan Maling, Daerah Maling Sukolilo, Desa Pembunuh, Area SDM Rendah, Curug Maling Sewu, hingga Area Berbahaya Kawasan Maling.

Selain itu terdapat netizen yang menandai daerah di sekitar Sukolilo sebagai Sarang Binatang Buas. Beberapa nama tersebut sepertinya sudah dihapus oleh pihak Google mengingat tindakan oknum netizen termasuk spam. Tangkapan layar mengenai berubahnya nama Sukolilo menjadi Kampung Maling di Google Maps menuai beragam komentar netizen.

"Kocak, beneran cek di Google Maps namanya ada Perkampungan SDM Rendah (emoticon tertawa)," kata @raj**as*id.

Baca Juga: Apa Itu Forum Indosarang? Kenapa Bisa Viral dan Ramai Jadi Sorotan?

"Sukolilo bikin malu warga Jateng aja," tulis @af**a*afra.

"Buset bisa begitu, power netizen +62 menang nggak kaleng-kaleng," cuit @it**ee*in.

"Mantap biar ngerasain sanksi sosial. Semoga warga kampung sana besok bisa introspeksi," pendapat @ede**ei**uck.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #netizen #ubah #nama #sukolilo #google #maps #dari #kampung #maling #hingga #area #rendah

KOMENTAR