WWDC 2024: Apple Integrasikan ChatGPT dan Beberapa Fitur AI
Apple integrasikan ChatGPT di perangkatnya. (Apple)
11:32
11 Juni 2024

WWDC 2024: Apple Integrasikan ChatGPT dan Beberapa Fitur AI

Apple memberikan sejumlah pengumuman penting pada acara Worldwide Developers Conference 2024 (WWDC 2024). CEO perusahaan, Tim Cook, mengungkap tentang Siri bertenaga AI, Apple Intelligence, dan integrasi ChatGPT.

Menurut petinggi Apple pada Senin (10/06/2024), fitur Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan akan menjadi fokus perusahaan. Apple Intelligence menyertakan AI-powered Writing Tools yang memudahkan pengguna.

Fitur ini dapat meringkas konten dan menulis ulang teks di seluruh perangkat aplikasi. Perusahaan juga menambah kemampuan menghasilkan gambar ke perangkatnya yang akan dipicu dalam aplikasi seperti Messages, Keynote, Freeform, dan Pages.

Pengguna tidak akan dapat membuat gambar realistis, tetapi mereka bisa menghasilkan gambar artistik dalam gaya berbeda. Gambar-gambar tersebut akan dihasilkan berdasarkan foto-foto di galeri pengguna.

Baca Juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, HP Jadul Masih Bisa?

Berkat kecerdasan buatan, asisten virtual Siri sekarang dapat memahami bahasa alami dan kalimat yang diucapkan secara samar-samar untuk menemukan makna mendasar di baliknya. Selain itu, Siri yang didukung AI juga akan terintegrasi dengan berbagai aplikasi asli Apple.

Siri mendapat kemampuan Apple Intelligence yang baru. (Apple)Siri mendapat kemampuan Apple Intelligence yang baru. (Apple)

Perusahaan membenamkan beberapa fitur AI terutama terkait pengolahan foto dan Galeri. Mereka bisa memilih foto terbaik menggunakan The Memories yang didukung AI. Dikutip dari NDTV, pengguna juga dapat memilih foto terbaik di storyline berkat kemampuan AI.

Memperluas ekosistem AI ke aplikasi pihak ketiga, Apple mengumumkan integrasi dengan ChatGPT milik OpenAI. Pengguna gratis bisa menggunakan ChatGPT tanpa mengharuskan mereka masuk atau tanpa informasi keluar dari perangkat.

Pengguna berbayar dapat menghubungkan akun mereka ke platform. Ini juga bisa digunakan di seluruh perangkat Apple. ChatGPT akan diintegrasikan dalam Siri dan Writing Tools seluruh sistem di seluruh platform Apple.

Hal ini juga akan memperkuat kemampuan pemrosesan gambar dan dokumen dari alat yang terintegrasi dengan aplikasi. Intinya, model AI GPT akan menyediakan kemampuan LLM multimodalnya untuk sebagian besar fitur AI yang diumumkan di bawah Apple Intelligence.

Baca Juga: Cara Menerjemahkan Pesan WhatsApp di Android dan iPhone

Deretan fitur AI tersebut tersedia dalam versi beta di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan MAC dengan M1 atau versi lebih baru.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #wwdc #2024 #apple #integrasikan #chatgpt #beberapa #fitur

KOMENTAR