Beragam Jenis Baterai HP yang Sering Digunakan, Masing-Masing Punya Kelebihan
ilustrasi baterai HP (Pexels.com/Tyler Lastovich)
14:48
9 Juni 2024

Beragam Jenis Baterai HP yang Sering Digunakan, Masing-Masing Punya Kelebihan

Ada banyak jenis baterai yang ada dan dikembangkan untuk peralatan elektronik. Namun jenis Baterai HP apa saja yang sering ditemui saat ini?

Smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Aktivitas seperti berkomunikasi, bekerja, bermain game, dan menonton video, semua dilakukan dengan perangkat canggih ini.

Namun, di balik layar yang jernih dan performa yang mumpuni, terdapat komponen penting yang menunjang operasionalnya: baterai. Artikel ini akan mengupas jenis-jenis baterai HP yang sering digunakan, agar kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Ada beberapa jenis baterai yang sering digunakan dalam ponsel (HP) saat ini. Berikut jenis baterai HP yang sering digunakan yang tim rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Cara Mengecek Kesehatan Baterai di HP Xiaomi

Jenis Baterai HP yang Sering Digunakan

Ada beberapa jenis baterai HP yang sering digunakan selama ini seperti dirangkum 

Baterai Li-Ion (Lithium-Ion)

Baterai Li-Ion adalah jenis baterai yang paling umum digunakan dalam HP saat ini. Mereka memiliki kepadatan energi yang tinggi, masa pakai yang baik, dan tidak terkena efek memori. Baterai Li-Ion juga cenderung lebih ringan dan lebih tipis dibandingkan dengan jenis baterai lainnya.

Baterai Li-Po (Lithium-Polymer)

Baca Juga: Cara Meningkatkan Battery Health iPhone, Jaminan Lebih Awet!

Baterai Li-Po juga umum digunakan dalam HP. Mereka memiliki desain yang lebih fleksibel dan dapat diadaptasi ke dalam bentuk yang lebih ramping dan tidak teratur. Keuntungan lain dari baterai Li-Po adalah mereka cenderung memiliki umur pakai yang lebih lama dan memberikan kinerja yang lebih baik dalam hal kecepatan pengisian ulang.

Baterai NiMH (Nickel Metal Hydride)

Meskipun tidak sepopuler sebelumnya, beberapa HP masih menggunakan baterai NiMH. Baterai NiMH memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada baterai Li-Ion, tetapi mereka cenderung lebih besar, berat, dan rentan terhadap efek memori. NiMH juga cenderung memiliki waktu pengisian ulang yang lebih lama.

Baterai LiFePO4 (Lithium Iron Phosphate)

Baterai LiFePO4 adalah jenis baterai yang relatif baru dan sedang menjadi populer dalam beberapa HP. Mereka menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi, umur pakai yang lebih panjang, dan kepadatan energi yang baik. Namun, baterai LiFePO4 cenderung lebih berat dan lebih mahal daripada baterai Li-Ion atau Li-Po.

Penting untuk dicatat bahwa jenis baterai yang digunakan dalam HP dapat bervariasi tergantung pada merek dan modelnya. Selain itu, dengan perkembangan teknologi, kita dapat melihat adanya inovasi baru dalam jenis baterai yang digunakan dalam perangkat seluler di masa mendatang.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #beragam #jenis #baterai #yang #sering #digunakan #masing #masing #punya #kelebihan

KOMENTAR