Ini Dia Alasan Xiaomi Tak Kunjung Rilis HP Lipat di Indonesia
Xiaomi Mix Fold 2, yang diluncurkan Jumat (12/8/2022) disebut sebagai ponsel lipat tertipis di dunia. [Dok Xiaomi]
12:08
6 Juni 2024

Ini Dia Alasan Xiaomi Tak Kunjung Rilis HP Lipat di Indonesia

Xiaomi akhirnya buka suara kenapa tak kunjung meluncurkan HP lipat ke Indonesia. Padahal permintaan ponsel lipat kini mulai tinggi.

PR Communications Manager Xiaomi Indonesia, Jovani Shaloom mengatakan, sebelum menjual sebuah produk, pihaknya perlu melakukan penelitian dan pengembangan. Mereka juga mesti mempertimbangkan aspek bisnis sebelum produk tersebut diluncurkan.

"Dan juga melihat, apa sih yang jadi kebutuhan konsumen Xiaomi di Indonesia," katanya saat ditemui di sela-sela peluncuran Redmi 13 di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Perempuan yang akrab disapa Jojo ini menilai kalau tren ponsel seperti HP lipat memang sedang berkembang. Namun ia ingin produk Xiaomi sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Baca Juga: Spesifikasi Redmi 13 4G, Bawa Kamera 108 MP dengan Harga Rp 1 Jutaan

"Tidak hanya mengikuti tren," lanjut dia.

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Rendy Tonggo mengatakan hal serupa. Semua produk Xiaomi yang hadir di Indonesia berawal dari perencanaan perhitungan hingga strategi.

"Kami juga lihat permintaan pasar, dan pastinya kami membawa inovasi terbaik di HP-HP yang akan kami bawa," imbuhnya.

Rendy juga belum memberikan kepastian apakah HP lipat Xiaomi akan dirilis juga ke Indonesia.

"Kalau bocorannya saya enggak bisa konfirmasi sekarang. Nanti pasti kami akan membawa produk terbaiknya. Tunggu saja di sosmed (media sosial) kami," jelasnya.

Baca Juga: Takut Gelap Saat Video Call? Gunakan Fitur HyperOS Ini di HP Xiaomi

Bagi yang belum tahu, perusahaan asal China itu sudah memiliki HP lipat bernama Xiaomi Mix Fold 3. Ponsel ini telah dirilis ke pasar global beberapa waktu lalu.

HP Xiaomi Mix Fold 3 memiliki desain seperti buku, mirip Samsung Galaxy Z Fold 5. Sayangnya ponsel ini sepertinya tidak masuk Indonesia.

Adapun brand yang sudah memiliki HP lipat di Indonesia adalah Samsung, Oppo, hingga Tecno. Vivo pun dipastikan menjadi brand selanjutnya lewat Vivo X Fold 3 Pro.

Pangsa pasar ponsel lipat pun mulai bangkit di Q1 2024. Menurut laporan Counterpoint Research, pengiriman HP lipat tumbuh 49 persen secara year-over-year di awal tahun 2024.

Angka ini pun menandai pertumbuhan tertinggi dalam enam kuartal terakhir.

Meningkatnya tren ponsel lipat sendiri dipengaruhi para brand China, terutama Huawei. Sebab mereka kini menjadi penguasa pasar HP lipat yang biasanya ditempati Samsung, dengan pangsa pasar 35 persen.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #alasan #xiaomi #kunjung #rilis #lipat #indonesia

KOMENTAR