3 HP Samsung Ini Tak Terima Update Lagi, Rentan Serangan Malware
Samsung Galaxy A51. [Suara.com/Tivan Rahmat]
19:24
5 Juni 2024

3 HP Samsung Ini Tak Terima Update Lagi, Rentan Serangan Malware

Samsung biasanya memberikan update berkala pada sejumlah perangkat mereka. Deretan HP Samsung ini diketahui tak menerima update lagi mengingat 'jatah' mereka sudah habis.

Perusahaan pernah mengumumkan bahwa sebagian smartphone anyar mereka menerima update OS dan patch keamanan selama 4 tahun. Meski begitu, terdapat deretan ponsel lawas yang mempunyai umur update tiga hingga empat tahun.

Beberapa smartphone seperti Samsung Galaxy A51 5G, Galaxy A41, dan Galaxy M01 kini tak menerima jatah pembaruan lagi. Artinya, perangkat tidak mendapat update sistem operasi, patch security, hingga fitur baru.

Dikutip dari Gizchina, Samsung Galaxy A51 5G debut pertama kali pada April 2020. Perangkat saat itu menjalankan sistem operasi Android 10. Selama masa pakainya, Galaxy A51 menerima peningkatan yang signifikan, berpuncak pada Android 13 saat ini.

Baca Juga: Tak Hanya Snapdragon 8 Gen 4, Redmi K80 Pro Bawa Lensa Telefoto 50 MP

HP Samsung Galaxy A41 dan Galaxy M01 masing-masing debut pada Mei serta Juni 2020. Mereka awalnya menjalankan sistem operasi Android 10, lantas menerima update hingga Android 12. Perangkat memperoleh patch keamanan secara konsisten hingga Juni 2024.

Meski begitu, smartphone tersebut tidak akan menerima update lagi pada Juli mendatang. Smartphone modern diketahui mengusung sistem yang kompleks di mana kerentanan anyar ditemukan secara berkala.

Patch keamanan mengatasi kerentanan ini, sehingga memastikan perangkat tetap terlindungi dari malware, pelanggaran data, dan serangan berbahaya lainnya. Tanpa pembaruan keamanan berkelanjutan, model 3 HP Samsung yang disebutkan sebelumnya menjadi rentan terhadap serangan malware.

Mengupgrade ke ponsel yang lebih baru dengan dukungan perangkat lunak aktif memastikan Anda menerima patch keamanan teranyar. Anda juga berpotensi mendapatkan manfaat dari peningkatan kinerja, teknologi kamera, dan fitur lainnya. Apabila masih memakai Samsung Galaxy A51 5G, Galaxy A41, serta Galaxy M01, pengguna diharapkan lebih berhati-hati terutama terhadap aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga: Prediksi Harga Realme GT6 Beredar, Siap Tantang POCO F6

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #samsung #terima #update #lagi #rentan #serangan #malware

KOMENTAR