MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV, dan Layar Berteknologi AI
MediaTek Kompanio 838. [MediaTek]
20:56
4 Juni 2024

MediaTek Rilis Chipset Chromebook, Smart TV, dan Layar Berteknologi AI

MediaTek akan memamerkan produk-produk baru dan mendemonstrasikan teknologi yang menonjolkan kemampuan AI pada TV pintar, Chromebook, IoT, dan banyak lainnya di ajang Computex 2024.

Wakil Ketua dan CEO Dr. Rick Tsai, menyampaikan bagaimana MediaTek mulai fokus mengoptimalkan teknologi AI yang tersebar luas.

MediaTek akan meluncurkan dua chipset baru yang lebih kuat, termasuk dukungan penyempurnaan AI terkini di berbagai sektor.

Sebut saja SoC Kompanio 838 untuk Chromebook premium dan SoC Pentonic 800 untuk TV pintar dan layar premium 4K.

Baca Juga: Kominfo Gandeng Google untuk Basmi Judi Online, Klaim Punya Teknologi Canggih

“Pada COMPUTEX tahun ini, kami menonjolkan kekuatan kami yang semakin berkembang pada produk menarik, seperti AI, otomotif, IoT, TV, Chromebook, konektivitas nirkabel, dan banyak lainnya,” kata Joe Chen, Presiden dan COO MediaTek. 

Menurutnya, dengan peningkatan pengalaman pengguna pada cipset terbaru kami, ini kesempatan baik untuk menunjukkan pertumbuhan kami di segmen teknologi penting ini.

MediaTek Kompanio 838. [MediaTek]MediaTek Kompanio 838. [MediaTek]

MediaTek Kompanio 838, mendukung DDR4 dan LPDDR4X untuk memenuhi persyaratan OEM yang lebih luas, dan menggandakan bandwidth memori dibandingkan generasi sebelumnya sehingga menyediakan throughput data yang jauh lebih besar.

Untuk mendukung peningkatan AI terbaru, Kompanio 838 mengaktifkan prosesor AI khusus, MediaTek NPU 650, untuk menyediakan fitur multimedia lebih interaktif dan berkualitas lebih tinggi serta hemat daya yang tak tertandingi. 

APU MediaTek juga dirancang untuk pemrosesan data gambar lebih bagus dan mampu mengeksekusi komputasi kompleks dengan cepat.

Baca Juga: Menkominfo pun Takut Ancaman AI, Diprediksi Bisa Gantikan Manusia

MediaTek Imagiq 7 series ISP generasi berikutnya juga dirancang guna menciptakan kualitas gambar HDR profesional, dukungan kamera ganda, dan pengambilan cahaya redup, sehingga kualitas foto dan video semakin bagus.

Di sisi lain, dengan decoding video AV1 perangkat keras, Kompanio 838 memungkinkan pengguna melakukan streaming konten 4K secara mulus, sekaligus meningkatkan kualitas gambar. 

Selain itu, chipset ini mendukung hingga dua layar 4K secara bersamaan untuk memberi pengguna lebih banyak tampilan riil. 

Kompanio 838 juga mendukung teknologi MediaTek Filogic Wi-Fi 6 dan 6E untuk opsi konektivitas dual-band dan tri-band ke Chromebook dengan kecepatan hingga 1,9Gbps, sekaligus menyediakan konektivitas lebih andal berkat antena 2x2 dan keamanan yang ditingkatkan dengan WPA3 mendukung.

“Keseimbangan antara kekuatan dan efisiensi yang dihadirkan Kompanio 838 pada Chromebook adalah poin penting dalam inovasi dalam portofolio kami, seiring upaya kami menghadirkan komputasi yang kuat, terjangkau, dan mudah diakses oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia,” kata John Solomon, VP dan GM , ChromeOS, dan Google untuk Pendidikan. 

Menurut Benny Zhang, Direktur Eksekutif dan General Manager Chromebook di Grup Pusat Inovasi Global dan Perangkat Cerdas Lenovo, kebutuhan akan perangkat hemat daya yang mampu multitasking terus meningkat. 

"Kami berkomitmen untuk memberdayakan para siswa dan guru dengan perangkat dan solusi teknologi yang meningkatkan pembelajaran di kelas dan di luar kelas,” katanya.

MediaTek Pentonic 800. [MediaTek]MediaTek Pentonic 800. [MediaTek]

Menurut dia, Lenovo dan MediaTek memiliki kemitraan jangka panjang yang berfokus memberikan kinerja dan nilai.

MediaTek Pentonic 800, menghadirkan pengalaman video, audio, dan cloud gaming terbaik di kelasnya. 

SoC ini ideal untuk berbagai layar 4K, seperti TV pintar, monitor pintar, layar komersial, dan layar besar yang tertanam. 

Dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, prosesor AI MediaTek ini menawarkan pemrosesan AI 50 persen lebih cepat dan mengurangi pemakaian bandwidth hingga 60 persen. 

APU yang kuat ini mendukung beragam teknologi tampilan yang didukung AI MediaTek, seperti AI-Super Resolution 3.0, AI-Contrast 2.0, AI-Picture Quality Scene Recognition 2.0+, dan AI-Picture Quality Object Recognition 2.5+. 

Untuk lebih mengoptimalkan gaming, Pentonic 800 mendukung variabel refresh rate (VRR) hingga 4K2K 165Hz.

Selain itu, mesin decoding video perangkat keras Pentonic 800 mendukung key codec populer seperti HEVC, AV1, AVS3 High Profile, dan VVC (H.266) untuk pemutaran video 4K berkualitas tinggi. 

Chip ini juga mendukung MEMC, TCON, dan audio resolusi tinggi. 

Oleh karenanya, para OEM produsen memiliki fleksibilitas untuk menambahkan solusi konektivitas Wi-Fi Filogic MediaTek untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi andal dengan latensi rendah. 

Selain itu, solusi kombo Filogic Wi-Fi/Bluetooth dari MediaTek memberikan konektivitas tanpa batas antara layar dan periferal, seperti pengontrol game dan headset nirkabel.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #mediatek #rilis #chipset #chromebook #smart #layar #berteknologi

KOMENTAR