Fitur Baru di iOS 18, Hapus Objek di Foto dan Banjir Teknologi AI
Ilustrasi iPhone. [Unsplash/Vista Wei]
09:24
4 Juni 2024

Fitur Baru di iOS 18, Hapus Objek di Foto dan Banjir Teknologi AI

Mengikuti Google, Samsung, Huawei, dan banyak OEM Android lainnya yang sudah mulai menawarkan banyak fitur berbasis AI, Apple akhirnya dapat menambahkan beberapa fitur AI pada perangkat dan berbasis cloud ke iOS 18 untuk iPhone 16 Series.

Kabarnya, inti dari strategi AI Apple untuk iOS 18, yang dikenal sebagai Project Greymatter, mencakup serangkaian fitur AI diintegrasikan perusahaan ke seluruh aplikasi dan layanan intinya seperti Safari, Notes, dan Foto.

Hadir fitur peringkasan notifikasi yang disebut 'Greymatter Catch Up' yang memungkinkan pengguna mendengarkan ringkasan notifikasi terkini melalui Siri.

Ada juga fitur baru lainnya seperti pengeditan foto yang didukung AI dan banyak lagi.

Baca Juga: Tampilan Berbeda, iPhone 16 Pro Bakal Pakai Bezel Tertipis di Dunia

Apple dilaporkan telah mengembangkan fitur penghapus objek baru.

AI generatif mengenali, menghapus objek yang tidak diinginkan, dan mengisi area tersebut dengan konten buatan AI yang secara mengejutkan cocok dengan lingkungannya.

iOS 18. [Macrumors] iOS 18. [Macrumors]

Kedengarannya mirip dengan apa yang telah kita lihat pada perangkat Pixel, Galaxy, dan Huawei.

Kabarnya, Apple telah mengembangkan “aplikasi internal” yang disebut Generative Playground, memungkinkan pengguna merasakan fitur pengeditan foto bertenaga AI yang disebutkan di atas.

Itu bisa diintegrasikan ke dalam iMessage untuk kemudahan berbagi.

Baca Juga: iPhone 5s Kini Dianggap Apple sebagai HP Usang

iOS 18 juga memungkinkan membuat emoji yang dipersonalisasi.

iOS 18 juga akan menawarkan kemampuan pembuatan respons otomatis berdasarkan LLM yang cukup cerdas untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti nama, acara kalender, lokasi, waktu, dan banyak lagi.

Siri juga sedang menjalani pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas text-to-speech, untuk hasil yang lebih alami dan lancar serta pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu, Aplikasi Notes juga akan mendapatkan peningkatan besar dengan iOS 18 dan macOS 15 untuk menawarkan kemampuan AI generatif berbasis teks seperti konversi dan ringkasan ucapan-ke-teks.

Berbicara tentang kasus penggunaan praktis, pengguna akan dapat merekam audio langsung dari aplikasi catatan, mengubahnya menjadi teks, dan meringkasnya.

Mengakses informasi dari seluruh rapat atau perkuliahan akhirnya menjadi mudah untuk iPhone.

Perusahaan akan mengumumkan pembaruan ini dalam konferensi WWDC mendatang, yang akan berlangsung dari 10 Juni hingga 14 Juni mendatang.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #fitur #baru #hapus #objek #foto #banjir #teknologi

KOMENTAR