Gak Bisa Komentar di Postingan Facebook? Ini 5 Penyebabnya
Ilustrasi Facebook. [Austin Distel/Unsplash]
13:24
3 Juni 2024

Gak Bisa Komentar di Postingan Facebook? Ini 5 Penyebabnya

Terkadang, pengguna ingin mengomentari suatu postingan di Facebook. Tetapi, pengguna mungkin kesulitan melakukannya karena tidak dapat mengirim komentar di Facebook.

Jika hal itu terjadi, pengguna harus mengetahui beberapa penyebab mengapa komentar tidak dapat ditulis di unggahan Facebook. Berikut ini penjelasannya:

1. Pemilik postingan memoderasi komentar

Facebook memungkinkan pemilik postingan untuk mengontrol siapa yang dapat mengomentari postingan tertentu. Jika pemilik postingan telah menonaktifkan komentar dari teman dan pengikutnya, pengguna tidak akan bisa berkomentar.

Baca Juga: Cara Menghapus Riwayat Tontonan Facebook

Facebook terkadang juga dapat menonaktifkan komentar untuk postingan tertentu, sehingga menyebabkan pesan kesalahan berbunyi, "Komentar untuk postingan ini dimatikan secara otomatis" muncul.

Oleh karena itu, jika pengguna tidak dapat mengirimkan komentar hanya pada postingan tertentu, mungkin tidak ada yang salah dengan aplikasi Facebook atau akun pengguna.

2. Hindari menulis terlalu banyak komentar dalam waktu singkat

Facebook mungkin menonaktifkan sementara kemampuan pengguna berkomentar jika pengguna menulis terlalu banyak komentar dalam waktu singkat.

Hal ini juga dapat terjadi jika pengguna melanggar pedoman komunitas atau persyaratan layanan Facebook. Dalam hal ini, pengguna mungkin melihat kesalahan berbunyi, "Anda Tidak Dapat Berkomentar Saat Ini" dan harus menunggu beberapa saat, tergantung pada jenis pembatasan yang diterapkan Facebook.

Baca Juga: 5 Cara Lindungi Data Pribadi di Meta, Gampang Banget

3. Periksa koneksi internet

Alasan lain mengapa pengguna tidak dapat mengirim komentar di postingan Facebook adalah koneksi internet yang lemah atau tidak stabil. Jika pengguna mencurigai hal tersebut, jalankan tes kecepatan internet di perangkat.

Pengguna mungkin harus beralih ke koneksi jaringan lain jika internet tampak tidak konsisten. Setelah melakukannya, pengguna tidak akan menemukan kesalahan apa pun saat memposting komentar.

Seorang lelaki sedang mengunduh aplikasi Facebook di iPad Air Apple. [shutterstock]Ilustrasi Facebook. [shutterstock]

4. Mulai ulang aplikasi

Gangguan sementara pada aplikasi Facebook juga dapat menghalangi pengguna untuk memposting atau memuat komentar pada waktu-waktu tertentu.

Pengguna dapat mencoba menutup aplikasi sepenuhnya di ponsel dan membukanya kembali untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalahnya.

Untuk menutup Facebook di Android, tekan lama ikon aplikasinya dan ketuk ikon info dari menu yang muncul. Lalu, ketuk opsi Force Stop di bagian bawah.

Di iPhone, geser ke atas dari bawah layar untuk membuka pengalih aplikasi. Lalu, geser ke atas pada aplikasi Facebook untuk menutup aplikasi.

5. Keluar dan masuk kembali

Hal lain yang dapat pengguna lakukan adalah keluar dari Facebook lalu masuk kembali. Ini akan membantu membangun kembali koneksi Facebook dengan servernya dan menyelesaikan masalah apa pun yang menghalangi pengguna berkomentar.

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang dapat pengguna lakukan jika tidak bisa menulis komentar di postingan Facebook.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #bisa #komentar #postingan #facebook #penyebabnya

KOMENTAR