Mengenal Jenis-Jenis Chipset Snapdragon, Diurutkan dari yang Terbaik
Qualcomm resmi meluncurkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 pada Rabu (25/10/2023) dini hari. [Qualcomm]
12:08
2 Juni 2024

Mengenal Jenis-Jenis Chipset Snapdragon, Diurutkan dari yang Terbaik

Berikut adalah jenis chipset Snapdragon dari Qualcomm yang ada di pasaran. telah mengurutkannya dari yang terbaik.

Selain Mediatek, prosesor Qualcomm Snapdragon juga menjadi salah satu SoC yang paling banyak ditemukan di ponsel Android. 

Samsung menggunakan Snapdragon untuk lini Galaxy S-nya di berbagai pasar. Selain itu, chip ini juga memberi daya pada sebagian besar ponsel Android yang dijual di berbagai dunia.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya tentang jenis chipset Snapdragon yang dijual di pasar saat ini? Buat Anda yang penasaran, berikut telah merangkum jenis chipset Snapdragon yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP Snapdragon 7s Gen 2, Mulai Rp3 Jutaan

Jenis Chipset Snapdragon, Diurutkan dari yang Terbaik

1. Seri Snapdragon 8

Tak dapat dipungkiri jika Snapdragon 8 menjadi chip terbaru dan terbaik dari perusahaan. Chip unggulan untuk tahun 2024 adalah Snapdragon 8 Gen 3, yang diumumkan pada Oktober 2023.

Chip ini mendukung sejumlah ponsel kelas atas pada tahun 2024, seperti Galaxy S24 Ultra, OnePlus 12, dan seri Xiaomi 14.
 
Snapdragon 8 Gen 3 menghadirkan sejumlah peningkatan. Pertama, ia mengemas CPU yang sangat kuat di atas kertas. 

Kemudian, teknologi ini juga menyertakan CPU 1+5+2 yang terdiri dari satu inti Cortex-X4, lima inti Cortex-A720, dan dua inti Cortex-A520. Qualcomm bahkan berani mengklaim jika Snapdragon 8 Gen 3 30% lebih cepat dari pendahulunya sekaligus 20% lebih efisien.

Baca Juga: 6 Rekomendasi HP Snapdragon 680, Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

Yang tak kalah menarik, Snapdragon 8 Gen 3 dibuat dengan mempertimbangkan tugas AI generatif pada perangkat.

2. Seri Snapdragon 7

Seri Qualcomm Snapdragon 7 tidak sesederhana seri 8. Hal ini disebabkan banyaknya jumlah chip tersebut, serta chip lama dan kelas bawah yang masuk ke wilayah Snapdragon 6. 

Seri Snapdragon 7 awalnya dirancang sebagai keluarga prosesor kelas menengah atas, tetapi Snapdragon 7 Plus Gen 3 memadukan fitur kelas atas dan menengah seperti beberapa prosesor lainnya.

Yang paling baru dari Snapdragon seri ini adalah  Snapdragon 7 Plus Gen 3 yang diumumkan pada Maret 2024. Chipset ini menghadirkan desain 4nm serta CPU kelas andalan yang bertenaga. 

Qualcomm tidak menentukan bilah detail GPU dan mengatakan bahwa itu 45% lebih cepat daripada Snapdragon 7 Plus Gen 2. 

Selain itu, 7 Plus Gen 3 juga menghadirkan fitur-fitur seperti dukungan untuk fitur AI generatif pada perangkat (misalnya Gemini Nano, pembuatan gambar) , video HDR 4K/60fps, dan Wi-Fi 7. J

Snapdragon 7 Plus Gen 3 menghadirkan CPU kelas unggulan dan dukungan AI generatif, tetapi mengurangi kemampuan GPU, kamera, dan multimedia.

Sebelum Snapdragon 7 Plus Gen 3, Qualcomm memiliki Snapdragon 7 Plus Gen 2. Ini adalah chip kelas menengah terbaik tahun 2023 dari Qualcomm, dan lebih mirip prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1 daripada yang lainnya. 

3. Seri Snapdragon 6

Jika seri Snapdragon 7 mencoba menjembatani kesenjangan antara kelas menengah dan unggulan, seri Snapdragon 6 sebagian besar berfokus pada segmen entry level. Dan prosesor paling menonjol di keluarga ini adalah Snapdragon 6 Gen 1.
 
Snapdragon 6 Gen 1 merupakan peningkatan signifikan dari SoC seri Snapdragon 6 sebelumnya, menawarkan CPU yang lebih bertenaga (4x Cortex-A78, 4x Cortex-A55) dan GPU Adreno yang ditingkatkan.

Faktanya, Qualcomm mengklaim peningkatan kinerja masing-masing sebesar 40% dan 35% dibandingkan CPU dan GPU Snapdragon 695. Fitur penting lainnya termasuk desain 4nm, dukungan snapshot 200MP, dan pengambilan video 4K.

Prosesor kelas atas sebelumnya dalam seri ini adalah Snapdragon 695, yang merupakan peningkatan bertahap dibandingkan Snapdragon 690 tahun 2020. 

Snapdragon 695 menghadirkan CPU octa-core lumayan (2x Cortex-A77 dan 6x Cortex-A55), dan Adreno yang sudah tua. 619 GPU. 

Chipset ini  juga mendapatkan dukungan tiga kamera 13MP, dukungan kamera tunggal 108MP, dan konektivitas Wi-Fi 6. Namun kekecewaan besarnya di sini adalah kurangnya perekaman video 4K.

Qualcomm juga menawarkan Snapdragon 685, dan ini sebenarnya adalah SoC khusus 4G. Ini adalah versi tweak dari Snapdragon 680, yang pada gilirannya berasal dari SoC Snapdragon 665 yang lebih lama dan beranggaran rendah. 

4. Seri Snapdragon 4

Sementara seri paling murah dari Snapdragon adalah Snapdragon 4. Tapi di seri ini, Snapdragon 4 Gen 1 menjadi yang paling diunggulkan.

Snapdragon 4 Gen 1 diumumkan pada pertengahan tahun 2022 dan menawarkan desain 6nm, CPU yang solid namun tidak spektakuler (2x Cortex-A78, 6x Cortex-A55), dan GPU 10% lebih cepat dibandingkan Snapdragon 480 sebelumnya. 

Seri Snapdragon 4 tidak memiliki fitur seperti GPU yang kuat dan perekaman 4K tetapi mendapatkan dukungan kecepatan refresh yang tinggi dan 5G.

Namun, ini bukan prosesor seri Snapdragon 4 terbaru, karena itu adalah Snapdragon 4 Gen 2 (diumumkan pada Juni 2023). 

Ini memberikan beberapa peningkatan seperti desain 4nm untuk efisiensi yang lebih besar, modem X61 5G yang lebih mumpuni, dan kecepatan jam CPU yang sedikit lebih cepat.

Sayangnya, ada juga beberapa penurunan dibandingkan Snapdragon 4 Gen 1, yaitu GPU yang terbilang inferior dan Bluetooth 5.1, bukan 5.2. Selain itu, juga tak ada dukungan perekaman 4K di chipset ini.

Itulah jenis chipset Snapdragon yang telah Suara.com urutkan dari yang terbaik.

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #mengenal #jenis #jenis #chipset #snapdragon #diurutkan #dari #yang #terbaik

KOMENTAR