Cara Bikin Video Profesional Hanya Pakai HP
Ilustrasi merekam video menggunakan HP. (Seekersolution.com)
10:56
15 Mei 2024

Cara Bikin Video Profesional Hanya Pakai HP

Saat ini, banyak HP yang mendukung perekaman video berkualitas tinggi, sehingga pengguna dapat merekam apa pun dan menghasilkan video layaknya seorang profesional.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan video profesional hanya menggunakan HP. Memiliki kamera bagus saja tidak cukup karena pengguna perlu mengetahui cara menggunakan kamera dengan benar hingga membuat bidikan terlihat bagus.

Berikut ini cara membuat video layaknya profesional hanya menggunakan HP:

1. Merekam lebih spesifik

Meskipun pengguna hanya merekam video selama liburan, namun pertimbangkan untuk membuatnya lebih spesifik.

Disarankan untuk memiliki cerita yang lebih terfokus karena itu akan membantu pengguna mempertimbangkan pengambilan gambar apa yang perlu direkam. Selain itu, ini juga akan membantu pengguna mengambil gambar dan mengedit hanya apa yang diperlukan, daripada harus memiliki rekaman berjam-jam.

2. Siapkan ponsel dengan benar

Hampir semua HP terkini dapat merekam video yang bagus, tetapi ada baiknya memeriksa pengaturannya untuk memastikan pengguna siap menggunakannya.

Pengaturan resolusi dapat sesuai preferensi, namun full HD (1080p) mungkin merupakan titik awal yang baik, karena akan terlihat bagus. Pengguna juga dapat meningkatkannya hingga 4K jika ponsel mendukung.

Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan penyimpanan ponsel, terutama jika pengguna tidak membawa kartu memori cadangan.

3. Buat klip video pendek

Meskipun mudah untuk berdiri dan memfilmkan klip berdurasi lima menit, faktanya ketika pengguna menontonnya kembali, pengguna akan menyadari bahwa itu terlalu lama dan kurang menarik.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membuat setiap klip berdurasi sekitar 15-20 detik. Pastikan pengguna mengabadikan momen menarik, indah, atau lucu yang terjadi karena momen-momen itulah yang akan pengguna nikmati jika dikenang kembali.

Ilustrasi Memotret (unsplash.com/Priscilla Du Preez)Ilustrasi merekam dengan HP. (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

4. Stabilkan ponsel

Pengguna pasti tidak ingin memiliki rekaman video yang bergoyang dan tidak stabil. Oleh karena itu, jika ponsel memiliki mode video yang stabil, pastikan mode tersebut diaktifkan. Jika tidak, pertimbangkan untuk menggunakan tripod kecil agar ponsel tetap stabil.

Pengguna juga dapat mempertimbangkan untuk membawa gimbal seluler kecil atau tongkat selfie untuk merekam diri sendiri dengan lebih mudah.

5. Berkreasi dengan angle

Cara terbaik untuk meningkatkan kualitas sinematik dalam video adalah dengan bereksperimen dengan sudut atau angle yang berbeda.

Cara pengguna bermain-main dengan sudut pandang tidak terbatas, sehingga pengguna dapat mengasah kreativitas untuk menghasilkan rekaman video yang lebih menarik.

Itulah beberapa tips yang dapat pengguna lakukan untuk membuat video layaknya seorang profesional hanya menggunakan HP.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #bikin #video #profesional #hanya #pakai

KOMENTAR