Apple Gandeng Samsung Buat Garap iPhone Lipat
Ilustrasi iPhone lipat dilengkapi Apple Pencil yang kompatibel [Phone Arena].
15:16
14 Mei 2024

Apple Gandeng Samsung Buat Garap iPhone Lipat

Rumor soal iPhone lipat kembali mencuat. Kali ini Apple dikabarkan menggandeng Samsung untuk bekerja sama menggarap perangkat tersebut.

Apple dan Samsung telah menandatangani kesepakatan (MoU) soal iPhone lipat. Disebutkan kalau Samsung akan jadi pemasok layar untuk perangkat lipat Apple.

Namun tidak jelas apakah kerja sama tersebut mencakup layar lipat untuk iPad lipat atau Macbook lipat yang berukuran 20,3 inci, iPhone lipat, atau keduanya, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Selasa (14/5/2024).

Sementara itu penjualan HP lipat diprediksi meningkat tajam di masa depan. Laporan dari TrendForce tahun lalu mengungkap kalau perangkat lipat menyumbang 1,6 persen dari total pengiriman smartphone.

Diperkirakan angkanya bakal terus meningkat hingga 5 persen di tahun 2027, meskipun itu belum termasuk Apple yang selama ini dirumorkan bakal masuk ke pasar HP lipat.

Pekan lalu, Analis Apple Jeff Pu menyatakan kalau perusahaan asal Cupertino sedang menguji dua iPhone lipat. Bedanya ada di ukuran yang terdiri dari 7.9 inci dan 8.3 inci.

Sebagai perbandingan, HP lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki layar seluas 7.6 inci. Artinya, iPhone lipat Apple kemungkinan berdimensi lebih besar ketimbang milik Samsung.

Kemungkinan lainnya yakni iPhone lipat Apple ini akan berbentuk seperti buku, bukan clamshell layaknya Samsung Galaxy Z Flip 5.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #gandeng #samsung #buat #garap #iphone #lipat

KOMENTAR