Cara Menyembunyikan Shorts dari Beranda YouTube
Ilustrasi YouTube Shorts
12:48
13 Mei 2024

Cara Menyembunyikan Shorts dari Beranda YouTube

Jika pengguna merasa terganggu dengan kemunculan YouTube Shorts di beranda, pengguna dapat melakukan beberapa hal untuk menyembunyikannya di YouTube.

YouTube sendiri memungkinkan pengguna menyembunyikan Shots untuk sementara, tetapi pengguna memerlukan ekstensi pihak ketiga untuk menghapus Shorts dari beranda YouTube selamanya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

Beri tahu YouTube bahwa pengguna tidak tertarik dengan Shorts

Cara tercepat untuk menghapus YouTube Shorts dari tampilan di Chrome adalah dengan mengeklik tombol silang (X) di kanan atas baris Shorts. Namun ada dua hal yang perlu diperhatikan:

Ini adalah solusi sementara, karena YouTube akan kembali merekomendasikan Shorts setelah 30 hari.
Tombol X hanya berfungsi untuk Chrome di desktop dan tidak di aplikasi seluler untuk iOS dan Android.

Meskipun pengguna menghapusnya dari beranda, Shorts tetap muncul di sidebar saat pengguna menonton video tertentu. 

Menghilangkan YouTube Shorts di aplikasi seluler

Pengguna tidak dapat menghapus semua Shorts di aplikasi untuk iOS dan Android. Namun pengguna dapat melatih algoritme untuk berhenti menampilkan video Shorts tertentu dengan memilih tiga titik vertikal di setiap video Shorts dan memilih opsi Not interested pada menu.

Ilustrasi tampilan Youtube Shorts, fitur pesaing TikTok, yang tersedia di Indonesia mulai Jumat (23/7/2021). [Antara]Ilustrasi tampilan Youtube Shorts. [Antara]

Cara memblokir YouTube Shorts dengan ekstensi

Meskipun Chrome mungkin memberi pengguna sedikit kendali, browser lain tidak. Namun jika pengguna benar-benar ingin menghapus YouTube Shorts, berikut ekstensi yang bisa digunakan:

1. ShortsBlocker (Chrome dan Firefox)

Ekstensi ini meningkatkan pengalaman YouTube dengan menyembunyikan Shorts sepenuhnya dari tampilan. Ini termasuk beranda, langganan, hasil pencarian, kolom navigasi di sebelah kiri, dan kolom rekomendasi video di sebelah kanan.

2. Unhook (Chrome, Firefox, dan Edge)

Ekstensi ini memberi pengguna kontrol lebih besar tentang apa yang ingin disembunyikan di beranda YouTube. Pengaturan ini mencakup opsi untuk menyembunyikan YouTube Shorts bersama dengan hal lain seperti video terkait, komentar, rekomendasi beranda, tab trending, dan lainnya.

3. YouTube Shorts Blocker (Chrome)

Ekstensi ini menghapus Shorts dari tampilan halaman yang diperlukan. Tapi itu juga memberi pengguna daftar blokir khusus untuk secara selektif memblokir konten dari saluran yang tidak diinginkan di feed.

Pengguna dapat memilih untuk mengonversi video Shorts secara otomatis ke format biasa jika pengguna ingin menonton Shorts tertentu dari beberapa saluran.

Itulah cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menyembunyikan Shorts dari YouTube.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menyembunyikan #shorts #dari #beranda #youtube

KOMENTAR