Nintendo Switch 2 Dipastikan Rilis Tahun Depan
Nintendo Switch Oled. [Nintendo]
08:56
10 Mei 2024

Nintendo Switch 2 Dipastikan Rilis Tahun Depan

Nintendo Switch 2 akhirnya dipastikan rilis tahun depan. Hal ini diumumkan langsung oleh petinggi perusahaan game asal Jepang tersebut.

Presiden Nintendo, Shuntaro Furukawa mengatakan kalau Nintendo Switch generasi baru itu akan diumumkan saat tahun fiskal perusahaan berakhir. Meskipun tidak menyebut secara rinci, artinya Nintendo Switch 2 bakal dirilis sebelum 31 Maret 2025 mendatang.

"Kami akan mengumumkan penerus Nintendo Switch pada tahun fiskal ini," katanya dalam akun X atau Twitter resmi Nintendo, dikutip dari The Verge, Kamis (9/5/2024).

Selain itu ia juga memastikan bakal menggelar acara Nintendo Direct pada Juni 2024. Rencananya, acara itu bakal mengumumkan soal beberapa produk perangkat lunak (software) Nintendo Switch untuk semester dua tahun 2024.

"Namun perlu diketahui bahwa tidak akan disebutkan penerus Nintendo Switch selama presentasi itu," timpal dia.

Nintendo Switch pertama kali dikenalkan tahun 2016 lalu. Ini adalah konsol genggam (handheld) yang juga bisa dihubungkan ke monitor yang lebih besar.

Perusahaan memperkirakan kalau penjualan Nintendo Switch generasi pertama ini akan lebih lambat. Mereka memprediksi konsol hanya terjual 13,5 juta unit di seluruh dunia tahun ini, lebih rendah dari 15,7 juta unit dari tahun fiskal sebelumnya.

Laba bersih perusahaan juga kemungkinan turun sebesar 39 persen, bersamaan dengan proyeksi penurunan pendapatan 19 persen.

Jumlah penjualan konsol Nintendo Switch pun menurun signifikan sejak mencapai masa puncaknya di tahun 2021. Nintendo Switch OLED, yang merupakan versi lain dari Switch, juga hanya mengalami peningkatan kecil sebesar 1,1 persen secara year over year (YoY.

Namun jumlah pengguna Nintendo Switch dinilai masih stabil. Nintendo mengklaim saat ini ada 123 juta pemain tahunan yang tercatat selama periode April 2023 hingga MAret 2024.

Angka tersebut pun diklaim menjadi yang tertinggi sejak Nintendo Switch pertama kali diluncurkan.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #nintendo #switch #dipastikan #rilis #tahun #depan

KOMENTAR