Komputer Terkena Virus? Ayo Kenali Tanda-Tandanya
Ilustrasi Malware berbahaya. (Pixabay/Sora Shimazaki)
10:56
9 Mei 2024

Komputer Terkena Virus? Ayo Kenali Tanda-Tandanya

Virus komputer dan jenis malware lainnya dapat menyebabkan masalah pada perangkat. Beberapa malware mereplikasi dirinya sendiri hingga memenuhi semua ruang yang tersedia di hard drive.

Selain itu, selalu ada kemungkinan seorang hacker jahat akan menggunakan malware untuk mendapatkan akses jarak jauh ke komputer pengguna. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempraktikkan kebiasaan komputasi yang aman dan menginstal perangkat lunak anti-virus yang andal.

Pengguna dapat menghindari sebagian besar malware hanya dengan memperhatikan dan menjauhi beberapa jebakan umum. Namun terkadang, virus komputer melampaui pertahanan. Entah perangkat lunak anti-virus sudah ketinggalan zaman atau pengguna tidak sengaja mengklik tautan yang mengaktifkan virus, pengguna harus tahu jika komputer yang digunakan terkena virus.

Berikut ini tanda-tanda yang perlu pengguna waspadai yang mungkin mengindikasi adanya virus komputer:

1. Komputer menjadi tidak stabil

Jika komputer menjadi tidak stabil, itu tandanya ada yang tidak beres. Beberapa malware mengacaukan file penting yang menjaga komputer tetap berjalan dengan baik. Itu dapat menyebabkan komputer mogok.

Jika komputer berhenti berfungsi saat pengguna mencoba menjalankan aplikasi tertentu atau membuka file tertentu, itu memberi tahu pengguna bahwa ada sesuatu yang merusak data. Ini mungkin malware.

2. Komputer menjadi lambat

Jika komputer tampak berjalan lebih lambat atau lemot dibanding biasanya, hal ini mungkin disebabkan oleh malware karena kode berbahaya mulai menguras sumber daya pemrosesan komputer.

Jika pengguna tidak menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya tetapi komputer sangat lambat, perangkat mungkin terkena virus komputer.

3. Muncul pesan aneh

Pesan aneh yang menunjukkan bahwa pengguna tidak dapat mengakses drive tertentu di komputer adalah tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah. Demikian pula, aplikasi yang tidak dapat berjalan atau file yang tidak dapat dibuka juga dapat disebabkan oleh infeksi.

Ilustrasi virus komputer (Shutterstock).Ilustrasi virus komputer (Shutterstock).

4. Perangkat keras tidak merespons

Indikator lain bahwa komputer terjangkit virus adalah perangkat keras seperti printer yang tidak lagi merespons perintah. Meskipun tidak satu pun dari hal ini yang menjamin keberadaan virus, namun itu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan mesin.

5. Ukuran file yang berubah

Jika pengguna memperhatikan bahwa ukuran file berfluktuasi meskipun pengguna tidak sedang mengakses file tersebut, itu adalah tanda lain dari virus komputer.

Selain itu, jika pengguna mengakses menu dan tampilannya aneh atau terdistorsi, hal tersebut juga dapat menjadi tanda.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kemungkinan komputer pengguna telah terjangkit virus.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #komputer #terkena #virus #kenali #tanda #tandanya

KOMENTAR