Cara Hemat Kuota Internet saat Pakai WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (Unsplash/Eyestetix Studio)
08:32
17 Januari 2024

Cara Hemat Kuota Internet saat Pakai WhatsApp

Pengguna WhatsApp dapat menghemat data atau kuota internet ketika menggunakan aplikasi perpesanan instan tersebut.

Untungnya, pengguna dapat memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk menggunakan kuota internet, sehingga pengguna bisa mengontrol penggunaan bulanan data seluler.

Berikut ini cara hemat kuota saat memakai WhatsApp:

1. Aktifkan Mode Low Data Usage

WhatsApp memiliki opsi untuk menurunkan data selama obrolan dan panggilan. Itu akan mengurangi jumlah data internet yang digunakan, sehingga mengurangi fidelitas audio dan video dari panggilan yang pengguna lakukan.

Untuk mengaktifkan opsi hemat data ini, buka WhatsApp, lalu dari menu tiga titik pilih Settings > Data and Storage Usage.

Di bawah Call Settings di iPhone, aktifkan opsi Low Data Usage. Di Android, cari opsi Use less data for calls.

2. Nonaktifkan pengunduhan media otomatis

Seperti aplikasi perpesanan lainnya, pengguna dapat menggunakan WhatsApp untuk berbagi dan menerima gambar dan video. Namun, media menghabiskan banyak kuota internet.

File-file ini diunduh secara otomatis kecuali pengguna memberi tahu WhatsApp sebaliknya. Pengguna dapat mengatur aplikasi untuk mengunduh file multimedia secara otomatis hanya jika pengguna tersambung dengan jaringan Wi-Fi.

Untuk melakukan ini, buka WhatsApp dan pilih Settings > Data and Storage Usage. Bagian Media Auto-Download adalah tempat pengguna memilih jenis media yang ingin diunduh melalui data seluler atau Wi-Fi.

Ilustrasi whatsapp - Apakah Download GB WhatsApp Berbahaya? (Freepik)Ilustrasi whatsapp. (Freepik)

3. Batasi cadangan obrolan

WhatsApp dapat mencadangkan obrolan dan media ke cloud. Artinya, ini menyimpan salinan obrolan teks, gambar, dan video di akun Google Drive atau iCloud.

Pengguna dapat menginstruksikan WhatsApp untuk menunda pencadangan data hingga pengguna tersambung dengan jaringan Wi-Fi. Untuk menyesuaikan pengaturan ini pada perangkat Android, buka Settings > Chats > Chat Backup > Back up over dan pilih Wi-Fi.

Pada perangkat iOS, pengaturan ini harus disesuaikan dari pengaturan ponsel. Buka Settings > Cellular > iCloud Drive dan alihkan ke Off.

Pengguna juga dapat membatasi interval pencadangan. Di menu Chat Backup di iPhone, pilih Auto Backup dan pilih salah satu opsi, seperti Daily, Weekly, Monthly, atau Off.

Di Android, pertama-tama pilih Back up to Google Drive, lalu pengguna dapat memilih antara Never, Only when I tap "Back up", Daily, Weekly, atau Monthly.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #hemat #kuota #internet #saat #pakai #whatsapp

KOMENTAR