Kapan Nintendo Switch 2 Meluncur? Petinggi Perusahaan Ungkap Waktu Perilisan
Nintendo Switch. [Shutterstock]
10:40
8 Mei 2024

Kapan Nintendo Switch 2 Meluncur? Petinggi Perusahaan Ungkap Waktu Perilisan

Nintendo Switch merupakan salah satu konsol terlaris di dunia hingga saat ini. Penggemar kerap bertanya-tanya mengenai kapan Nintendo Switch 2 meluncur.

Petinggi perusahaan baru-baru ini menjawab pertanyaan penggemar terkait kapan pengumuman konsol penerus Switch. Meski tak detail, kita setidaknya mengetahui rentang waktu yang perlu ditunggu.

Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa mengonfirmasi bahwa Nintendo Switch 2 akan diumumkan sebelum akhir Maret 2025. Sebagai informasi, Nintendo tak menyebutkan nama komersial dari generasi penerus Switch. Untuk sementara ini, kita menyebutnya sebagai Nintendo Switch.

"Ini Furukawa, Presiden Nintendo. Kami akan mengumumkan penerus Nintendo Switch pada tahun fiskal ini. Sudah lebih dari sembilan tahun sejak kami mengumumkan keberadaan Nintendo Switch pada Maret 2015. Kami akan mengadakan Nintendo Direct pada Juni mengenai jajaran perangkat lunak Nintendo Switch untuk paruh kedua tahun 2024. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada pembahasan tentang penerus Nintendo Switch selama presentasi itu," kata Shuntaro Furukawa melalui akun X resmi milik Nintendo.

Sebagai catatan, tahun fiskal Nintendo berakhir pada 31 Maret 2025. Ini berarti perusahaan akan mengumumkan konsol berikutnya antara Juli 2024 hingga akhir Maret 2025.

Logo Nintendo Switch. (YouTube/ Nintendo)Logo Nintendo Switch. (YouTube/ Nintendo)

Sebelumnya, analis pasar bernama Piers Harding-Rolls dari Ampere Analysis mengungkap terkait peluncuran Nintendo Switch. Ia mengklaim, konsol teranyar Nintendo siap dijual secara komersial pada kuartal keempat 2024.

Laporan dari firma riset Omdia dan analis Kantan Games turut memperkuat rumor tersebut. Namun, laporan yang lebih meyakinkan dari Nikkei Asia mengungkap bahwa konsol berikutnya justru datang pada 2025.

Nintendo tidak akan meluncurkan konsol berikutnya hingga Maret 2025, menurut laporan baru Nikkei Asia dikutip dari Polygon. Laporan anyar sejalan dengan pernyataan petinggi perusahaan sehingga kuartal pertama 2025 mungkin masuk akal.

Perlu diketahui, konsol Nintendo Direct mendatang masih belum membicarakan Switch 2. Acara tersebut akan difokuskan pada game Nintendo Switch yang diharapkan keluar pada paruh kedua tahun 2024.

Berdasarkan bocoran terbaru, Switch 2 diprediksi membawa pengontrol inovatif Joy-Con yang melekat secara magnetis ke konsol. Ini sedikit berbeda dibanding mekanisme geser pada Switch asli.

Joy-Cons juga berukuran lebih besar dan menampilkan lebih banyak tombol. Fitur Nintendo Switch 2 yang diharapkan mencakup layar OLED 8 inci (kemungkinan beresolusi Full HD Plus) dan refresh rate 120 Hz.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #kapan #nintendo #switch #meluncur #petinggi #perusahaan #ungkap #waktu #perilisan

KOMENTAR