10 Perubahan yang Dihadirkan HyperOS untuk HP Xiaomi. Lebih Baik dari MIUI?
HyperOS di HP Xiaomi. [Xiaomi]
13:16
6 Mei 2024

10 Perubahan yang Dihadirkan HyperOS untuk HP Xiaomi. Lebih Baik dari MIUI?

Xiaomi telah menghadirkan HyperOS sebagai pengganti MIUI untuk perangkat mereka. Beberapa HP Xiaomi telah mendapatkan update HyperOS yang menghadirkan berbagai perubahan.

Berbeda dengan MIUI selaku antarmuka, HyperOS lebih luas karena berfokus pada ekosistem Xiaomi. Sehingga HP Xiaomi bisa terhubung ke ekosistem yang lebih luas lebih dari sekadar smartphone.

Namun apa saja perubahan yang dihadirkan HyperOS untuk HP Xiaomi yang lebih baik dibandingkan dengan MIUI? Simak berikut ini ada beberapa perubahan yang harus diperhatikan:

Desain Lebih Halus

Xiaomi mengubah beberapa elemen desain pada HyperOS dibandingkan MIUI. Bisa terlihat dari beberapa ikon pada aplikasi bawaan di HP Xiaomi yang lebih segar dan halus.

Tidak hanya pada ikon, perubahan pada tampilan teks di menu-menu HP Xiaomi dengan HyperOS lebih halus namun tetap jelas untuk dibaca.

Control Center Lebih Bersih

HyperOS menawarkan tampilan control center yang lebih tertata berdasarkan pemakaiannya. Seperti pengaturan penting dan sering digunakan ada di atas.

Perubahan lainnya kini bukan secara digeser kanan-kiri untuk ikon-ikon fiturnya seperti di MIUI. Namun semua geser ke bawah dalam satu bilah.

Screenlock Lebih Baik

Pengaturan screen lock di HyperOS lebih luas dibandingkan MIUI, bahkan lebih baik. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk screenlock.

Pengaturan Kamera Lebih Mudah

HyperOS juga mengahdirkan perubahan pada aplikasi kamera di HP Xiaomi. Fitur-fitur dalam melakukan pengaturan lebih mudah diakses oleh pengguna.

Lebih Ringan

Xiaomi mengklaim kalau HyperOS lebih ringan dibandingkan MIUI 14. Terlihat dari kapasitas memori yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

HyperOS di HP Xiaomi ini membutuhkan 9,14 GB dibandingkan MIUI 14 sebelumnya butuh 12,53 GB.

Lebih Hemat Baterai

Tak hanya lebih ringan, HyperOS juga diklaim membuat HP Xiaomi jadi lebih hemat baterai dibandingkan pemakaian MIUI 14.

Perbedaannya cukup signifikan, menurut Xiaomi pengguna bisa mendapatkan 1 jam lebih banyak dari screentime pada HyperOS dibandingkan MIUI 14.

Pengelompokan Aplikasi

HyperOS juga membawa fitur pengelompokan ikon aplikasi yang lebih memudahkan, yakni berdasarkan warna. Cara ini diklaim lebih memudahkan aplikasi berdasarkan warna.

Ukuran Layar Lebih Beragam

Fitur split screen sudah lumrah digunakan untuk multitasking di HP Xiaomi. Namun kini pemakaiannya lebih luas dengan opsi dalam pengaturan.

Tidak hanya fullscreen dan split screen saja, namun ada pilihan ukuran layar yang lebih beragam. Tinggal pilih mana yang sesuai.

Fokus pada Ekosistem

Berbeda dengan MIUI yang difokuskan untuk HP Xiaomi, HyperOS kini dihadirkan untuk ekosistem yang lebih luas lagi tidak terbatas dengan smartphone.

Xiaomi sendiri memiliki produk yang beragam, mulai dari smartphone, tablet, laptop, smartwatch, mobil listrik dan berbagai produk lain yang bisa terhubung dalam satu ekosistem HyperOS.

Bloatware Lebih Sedikit

Dengan hadirnya HyperOS, diklaim kalau HP Xiaomi akan lebih ringan termasuk dalam urusan bloatware. Sehingga HP Xiaomi lebih bersih dari aplikasi yang tidak diperlukan.

Itulah beberapa perubahan yang dihadirkan HyperOS pada HP Xiaomi, banyak perbaikan yang memberikan pengalaman lebih dari MIUI.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #perubahan #yang #dihadirkan #hyperos #untuk #xiaomi #lebih #baik #dari #miui

KOMENTAR