Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends, Mana Lebih Populer?
Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends. [Suara.com]
11:48
1 Mei 2024

Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends, Mana Lebih Populer?

Berikut adalah perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends yang telah Suara.com rangkum untuk Anda. Dari mekanik hingga hero, apa saja perbedaan antara Mobile Legends dan Honor of Kings.

Honor of Kings dan Mobile Legends merupakan dua game arena pertarungan online multipemain yang sangat terkenal dengan genre MOBA.

Sebelum Honor of Kings dirilis secara global, Mobile Legends mendominasi dunia MOBA di ponsel karena Wild Rift belum dirilis secara resmi untuk semua server.

Meski demikian, banyak pemain yang mengatakan bahwa banyak kemiripan yang terjadi antara Honor of Kings dan Mobile Legends, terutama dalam soal hero.

Salah satu contohnya adalah Solarus dan Miya. Solarus di Honor of Kings dan Miya di Mobile Legends sama-sama masuk dalam kategori Marksman.

Keduanya bisa memberikan damage besar di late game. Skill pertama Miya dan Solarus sangat mirip karena serangan dasar mereka akan meningkat setelah dikeluarkan, dan untuk skill keduanya, keduanya dapat memberikan stun kepada musuh di area yang ditentukan sambil memberikan vision. 

Akan tetapi, tetapi ada beberapa perbedaan antara Honor of Kings dan Mobile Legends yang mungkin belum Anda ketahui.

Perbedaan Honor of Kings dan Mobile Legends

1. Referensi hero

Baik Honor of Kings ataupun Mobile Legends sama-sama memiliki hero yang bisa digunakan pemain. Meski demikian, referensi hedo kedua game ini berbeda.

Hal tersebut lantaran baik Honor of Kings atau Mobile Legends memiliki Pool hero yang juga berbeda.

Hero-hero yang berada di game Honor of Kings merupakan referensi dari sejarah dan mitologi China. Ini berbeda dengan Mobile Legends yang heronya berasal dari berbagai negara, terutama dari Asia.

2. Sistem Emblem dan Arcana

Emblem dikenal di Mobile Legends sedangkan di Honor of Kings dikenal sebagai Arcana. Secara garis besar, fungsi sistem ini sama yakni yaitu meningkatkan status dasar karakter dan memberikan efek tambahan.

Perbedaannya terletak pada penggunaan. Mobile Legends memiliki Emblem berdasarkan Role dan buff yang dapat diatur. Setiap Emblem memiliki level yang harus ditingkatkan.

Sementara Arcana dari Honor of Kings terdiri dari tiga warna yang berbeda. Pemain harus memiliki 30 Arcana dengan 3 warna yang berbeda.

Setiap jenis Arcana juga memiliki efek yang berbeda sehingga pemain lebih leluasa menentukan fokus status yang diinginkan.

3. Desain Peta

Baik Mobile Legends atau Honor of Kings sama-sama memiliki peta yang bisa dimanfaatkan pemain untuk menjelajah arena pertandingan.

Akan tetapi, desain peta kedua game tersebut berbeda. Desain peta di Honor of Kings terlihat lebih kompleks daripada Mobile Legends.

Selain itu, di game Honor of Kings juga terdapat portal Teleport yang terletak di titik pertemuan Clash Lane. Portal ini juga bisa dilihat di peta.

Kemudian pada Map, Map Mobile Legends hanya terdapat 5 Camp Jungle ditambah 2 Hermit Crab. Sedangkan Honor of Kings punya 7 camp jungle.

4. Boss Monster di Map

Perbedaan lainnya juga terletak di boss monster di map kedua game tersebut. Sebagaimana diketahui, Mobile Legends memiliki Lord dan juga Turtle, sementara itu Honor of Kings memiliki Overlord dan Tyrant.

Kedua boss monster ini memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan buff serta gold dan EXP ketika dikalahkan.

Akan tetapi, keduanya akan muncul pada waktu yang berbeda. Lord di Mobile Legends akan muncul ke lane yang towernya paling sedikit ketika dikalahkan.

Sementara itu Overlord memiliki 3 tahap dimana tahapan ini dipisah berdasarkan durasi permainan.

5. Esports

Perbedaan terakhir terletak pada esports. Mobile Legends hingga saat ini masih menjadi raksasa di esports.

Hal ini berbeda dengan Honor of Kings, sebagai game yang relatif baru, Honor of Kings baru menjadi raksasa di negeri asalnya yaitu China.

Itulah beberapa perbedaan antara Honor of Kings dan Mobile Legends yang mungkin perlu Anda tahu.

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #perbedaan #honor #kings #mobile #legends #mana #lebih #populer

KOMENTAR