5 Tips Main Mobile Legends yang Wajib Diketahui Pemula, Langsung Jago!
Ilustrasi main Mobile Legends. (Unsplash/ Pandhuya Niking)
10:32
25 April 2024

5 Tips Main Mobile Legends yang Wajib Diketahui Pemula, Langsung Jago!

Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA yang populer. Gameplaynya mirip dengan League of Legends, meskipun ada banyak perbedaan.

Mekanisme Mobile Legends dapat dengan mudah dipahami oleh para veteran MOBA tetapi dapat membuat kewalahan bagi para gamer baru dalam genre ini. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan pemain pemula Mobile Legends agar terbiasa.

Berikut ini lima tips main Mobile Legends yang wajib diketahui pemula:

1. Waspadai transaksi mikro

Bukan terkait gameplay, namun pemain baru harus mewaspadai mikrotransaksi di Mobile Legends. Model bisnis ini diterapkan pada permainan berbagai kosmetik, seperti emote, efek recall, border avatar, skin, dan lain sebagainya.

Setiap hero di dalam game memiliki beberapa skin yang bisa didapatkan pemain. Sebagian besar dapat dibeli melalui toko, tetapi beberapa di antaranya melibatkan sistem gacha.

2. Memahami Roam dan Jungle

Pada pembaruan terkini, Mobile Legends memiliki perubahan gameplay yang luar biasa. Sekarang, ada perbedaan besar antara hero Roaming dan Jungler. Berikut ini perbedaannya:

Roam

  • Hero tidak akan mendapatkan Gold dan EXP dari creep atau minion selama sembilan menit pertama jika ada sekutu di dekatnya.
  • Sebaliknya, Gold dan EXP akan diberikan kepada sekutu dengan jumlah terendah.
  • Seharusnya hanya ada satu item Roam di setiap tim.
  • Biasanya digunakan oleh Tank dan Support.

Jungle

  • Memberikan 25 persen lebih banyak Gold dan EXP untuk membunuh creep.
  • Mengurangi 50 persen Gold dan EXP yang diperoleh dari membunuh minion.
  • Hanya bisa dibeli jika hero tersebut menggunakan Battle Spell, Retribution.
  • Diperbolehkan ada beberapa Jungler dalam satu tim, meski tidak disarankan.
  • Biasanya dimanfaatkan oleh Assassin, Fighter, dan Marksmen.

3. Manfaatkan keterampilan hero dengan benar

Sebelum menggunakan suatu hero pada pertandingan sebenarnya, gamer disarankan untuk membaca terlebih dahulu skill yang dimiliki oleh hero tersebut.

Jika membaca terlalu merepotkan, pemain juga dapat memanfaatkan Training Ground untuk mencoba hero tersebut. Untuk mengaksesnya, buka Training Camp dan pilih Practice.

Beberapa skill merupakan skill lock-on, artinya pasti akan mengenai musuh tanpa perlu di bidik. Sementara beberapa lainnya mengharuskan pemain untuk mengarahkan serangan secara strategis untuk memastikan dampak maksimal.

Aplikasi game Mobile Legends di sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]Aplikasi game Mobile Legends di sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]

4. Jangan remehkan peralatan combo

Perlengkapan di Mobile Legends tidak sebanyak MOBA lainnya. Namun, pemain baru tidak boleh meremehkannya. Ada beberapa item yang sangat menguntungkan jika digunakan secara bersamaan.

Sebagai contoh adalah Clock of Destiny yang meningkatkan Mana maksimum hero dan Lightning Truncheon yang memberikan kerusakan yang berskala dengan Mana maksimum.

Jika keduanya dipasangkan, Lightning Truncheon akan menghasilkan damage yang sangat besar.

Masih banyak kombinasi lainnya yang bisa dicoba oleh para pemain. Mengetahui fungsi setiap peralatan adalah salah satu kemampuan paling penting untuk berhasil dalam permainan.

5. Peralatan counter musuh

Sepanjang setiap pertandingan, pemain dapat memeriksa perlengkapan semua orang. Ini mungkin tampak berlebihan bagi pemula, tetapi ini adalah kebiasaan yang penting untuk dilakukan.

Di Mobile Legends, ada tiga jenis damage, yaitu Magic, Physical, dan True. Masing-masing memiliki counternya sendiri.

Misalnya jika sebagian besar musuh adalah hero Magical, maka Magic Defense akan meningkatkan kemampuan bertahan hidup secara signifikan.

Sebaliknya jika musuh menggunakan Magic Defense, seorang Mage dapat membeli perlengkapan dengan Magic PEN. Hal ini memungkinkan pemain mengabaikan pertahanan lawan.

Itulah beberapa tips bagi pemula untuk bermain game MOBA seperti Mobile Legends.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #tips #main #mobile #legends #yang #wajib #diketahui #pemula #langsung #jago

KOMENTAR