5 Cara Memperbaiki Roda Mouse yang Tidak Berfungsi
Ilustrasi mouse. [Shutterstock]
10:00
9 April 2024

5 Cara Memperbaiki Roda Mouse yang Tidak Berfungsi

Roda mouse tiba-tiba berhenti bergulir adalah hal yang biasa. Namun jika pengguna mengalami masalah tersebut, pengguna bisa mengikuti beberapa cara untuk memperbaikinya agar mouse berfungsi kembali.

Saat mouse tidak dapat bergulir, biasanya ada dua masalah yang paling sering menyebabkannya. Yang pertama adalah penumpukan debu dan kotoran yang dapat menyebabkan masalah mekanis pada roda mouse. Yang kedua adalah tingkat baterai yang rendah pada mouse nirkabel.

Namun, hal ini tidak selalu menjadi penyebab utama. Masalah lainnya termasuk pengaturan mouse yang salah, file sistem yang rusak, atau mouse yang tidak kompatibel dengan perangkat.

Berikut ini lima cara memperbaiki roda mouse yang tidak berfungsi:

1. Sambungkan kembali mouse ke port USB lain

Pengguna dapat melakukan ini dengan melepaskan mouse dari port, kemudian mencolokkannya kembali.

2. Ganti baterai mouse

Jika pengguna menggunakan mouse nirkabel, daya baterai yang lemah adalah penyebab paling umum dari masalah mouse. Baik roda mouse tidak berputar atau mouse bertindak tidak menentu, mengganti baterai adalah cara yang sangat cepat untuk menyingkirkan penyebab ini.

3. Bersihkan mouse

Sebagian besar mouse modern tidak lagi memiliki roller yang perlu dibersihkan, sehingga roda gulir adalah satu-satunya bagian mekanisnya.

Itu adalah bagian yang rentan tersumbat kotoran, debu, dan partikel makanan. Ini masuk melalui celah di sisi roda dan dapat menyebabkan roda gulir mouse tidak berfungsi.

Jika mouse pengguna nirkabel, ada beberapa pertimbangan khusus untuk membersihkan mouse nirkabel yang perlu diingat.

Ilustrasi mouse. (Pixabay/OpenClipart-Vectors)Ilustrasi mouse. (Pixabay/OpenClipart-Vectors)

4. Periksa touchpad

Jika pengguna menggunakan touchpad dan bukan mouse tradisional, masalah pengguliran dapat dipengaruhi oleh sesuatu yang sederhana seperti tetesan air.

5. Periksa pengaturan mouse

Setiap OS memiliki pengaturan unik untuk mengontrol roda mouse. Jika ini berubah, maka pengguna mungkin mengalami masalah pengguliran.

Pengguna dapat mengatur ulang pengaturan mouse di Windows untuk memperbaiki masalah apa pun yang mungkin timbul dari perubahan pengaturan tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki roda mouse yang tidak berfungsi.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #memperbaiki #roda #mouse #yang #tidak #berfungsi

KOMENTAR