4 Hal Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan, Simak Penjelasannya sebelum Service Kendaraan
Pentingnya ganti oli kendaraan. (Auto2000 ID)
22:16
8 April 2024

4 Hal Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan, Simak Penjelasannya sebelum Service Kendaraan

–Dalam menjaga performa kendaraan, pemilihan dan pemeliharaan oli memegang peran krusial. Namun, sering pemilik kendaraan bingung membedakan antara jenis pelumas. Padahal, memahami perbedaan oli sangat penting guna menjaga kendaraan tetap beroperasi dengan optimal dan menghindari kerusakan pada mesin

Oli transmisi dan oli gardan memiliki peran berbeda dalam sistem kendaraan. Oli transmisi digunakan untuk melumasi gigi-gigi dalam sistem transmisi. Sedangkan oli gardan dirancang khusus untuk melumasi gigi-gigi dalam sistem gardan atau diferensial.

Meski keduanya bertujuan melumasi komponen-komponen kendaraan, perbedaan fungsi, cara kerja, dan spesifikasi oli membuat masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Mengutip dari laman Planetban, berikut 4 perbedaan antara oli transmisi dan oli gardan berdasar formula, kegunaan, dan cara kerja. 

  1. Cara Kerja Oli

Ketika ada banyak komponen dalam sistem gear kendaraan yang saling bergesekan, oli transmisi melumasi komponen tersebut. Sehingga, kinerja kendaraan tetap prima.

Sementara oli gardan adalah jenis minyak pelumas yang digunakan dalam sistem gardan (differential). Oli gardan dirancang khusus untuk melumasi gigi-gigi gardan yang berputar dengan kecepatan tinggi dan menerima beban torsi yang besar.

  1. Fungsi Oli

Oli transmisi berfungsi untuk melumaskan komponen transmisi, seperti gigi pemindah, gear, dan poros transmisi agar kinerja komponen transmisi tetap stabil. 

Sementara oli gardan berfungsi untuk melumas komponen gardan, seperti: driver pionin, ring gear, side gear, dan lain-lain agar tidak mudah aus.       

  1. Takaran Oli 

Khusus pada kendaraan mobil, kebutuhan oli dari setiap tipe berbeda. Mobil umumnya membutuhkan sekitar 1-1,2 liter oli transmisi dan 2 liter oli gardan. Kemudian untuk motor sendiri berkisar antara 0,8 liter dan 1 liter. 

  1. Waktu Penggantian Oli

Setiap jenis oli harus diganti tepat pada waktunya. Kedua jenis oli itu sama-sama harus diganti setiap sudah menempuh jarak 40.000 km. Namun, pada beberapa mobil matik, oli transmisi masih bisa diganti setiap menempuh 80.000 km.  

Untuk motor, oli harus diganti pada 3.000 sampai 5.000 km. Jadi, ketika motor sudah mencapai interval itu, wajib mengganti oli. Jika tidak mengganti oli, mesin akan bermasalah.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #perbedaan #transmisi #gardan #simak #penjelasannya #sebelum #service #kendaraan

KOMENTAR