Review Infinix Hot 40 Pro, Nyaman Bermain Game Tak Harus Mahal
Perangkat smartphone Infinix Hot 40 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
09:08
28 Maret 2024

Review Infinix Hot 40 Pro, Nyaman Bermain Game Tak Harus Mahal

- Infinix meluncurkan seri smartphone gaming murah terbarunya ke market smartphone dalam negeri. Unit yang dihadirkan Infinix ke Indonesia adalah seri Hot 40 Pro dan Hot 40i, menyasar kalangan muda yang ingin nyaman main game di hape namun budgetnya tipis. Sebelumnya, La Ode Iman Toffani, Brand Communication Manager Infinix Indonesia menyatakan, Infinix Hot 40 Pro dan Hot 40i dihadirkan dengan spesifikasi yang telah ditingkatkan dari Hot Series sebelumnya untuk pengalaman entertainment dan gaming yang semakin kompetitif di segmennya.

"Fitur layar jernih dengan refresh rate tinggi, baterai tangguh, kapasitas memori besar, dan tentunya dapur pacu yang andal dengan harga yang atraktif, membuat Hot 40 Pro dan Hot 40i kami harap menjadi produk terbaru Infinix yang dapat memenuhi pengalaman anti ngelag bagi XFans dan pengguna setia Infinix di Indonesia," jelasnya di Jakarta.

Untuk salah satu smartphone Infinix tersebut yakni Hot 40 Pro, seperti biasa JawaPos.com berkesempatan menjajal handset tersebut selama beberapa waktu lalu. Penasaran seperti apa pengalaman kami dengan Infinix Hot 40 Pro yang baru hadir dengan harga terjangkau? Berikut ulasan selengkapnya:

Desain Mencolok

Infinix Hot 40 Pro hadir dengan desain mencolok. Smartphone ini hadir dengan bodi belakang yang dominan area modul kamera. Jumlah lensa tiga biji dengan penampang persegi besar membuat area tersebut tampak atraktif. Di bagian belakang, Infinix Hot 40 Pro hadir memiliki pola garis-garis melengkung. Ini membuatnya jadi tidak terlihat polos dengan gradasi di setiap pilihan warnanya.

Seperti kebanyakan smartphone lain di kelas terjangkau, Hot 40 Pro ini juga menggunakan gaya serba flat. Nah, untuk materinya, bodi belakang dan frame-nya terbuat dari bahan polikarbonat. Mengingat harganya yang Rp 1 jutaan, wajar materialnya yang demikian.

Smartphone ini memiliki dimensi yinggi 168.6 mm, lebar 76.6 mm dan tebal 8.25 mm. Sementara bobotnya ada di kisaran 199 gram. Layarnya berukuran 6,78 inci, agak sulit dihandle dengan satu tangan.

Box dari paket penjualan smartphone ini memiliki tema Free Fire. Nggak heran sih, sebab Infinix Hot 40 Series ini memang berkolaborasi dengan Free Fire, sama seperti Hot 30 Series di tahun lalu.

Di dalam box penjualannya juga lengkap. Ini yang kami suka dari Infinix. Selain unit Infinix Hot 40 Pro lengkap dengan antigores layar yang sudah terpasang, paket penjualannya masih mengemas kepala charger 33 W, kabel USB-C, SIM Ejector, dokumen pelengkap bahkan aksesori casing tambahan sebagai pelindung smartphone ini. Smartphone ini hadir dengan empat opsi warna, yaitu Starlit Black (hitam) Palm Blue (biru), Starfall Green (hijau), dan Horizon Gold (kuning keemasan) seperti unit yang kami jajal.

Soal desain sejatinya nggak ada masalah berarti. Hanya area modul kamera yang sedemikan besar saja yang menurut kami membuat smartphone ini jadi agak segmented. Suka-sukaan. Sisanya fine-fine saja. Oke. Finishingnya halus. Area bezelnya juga masih bisa ditolerir tangan dengan layar sedemikan lega. Bezel smartphone ini halus, nggak kasar dan sudah diberi sentuhan akhir chrome, bukan metal brushed seperti biasanya dan membuat pengalaman genggam hape ini jadi lebih smooth di tangan.

Pada sisi kanan, terdapat tombol power sekaligus fingerprint scanner dan tombol volume 'Up-Down' di sisi atas ada speaker. Sementara di sisi kiri terdapat SIM Tray Non-Hybrid (Dual Nano SIM + MicroSD) dan mendukung Micro SD sampai 1TB.

Pada sisi bawah terdapat audio jack, microphone, port USB-C dan speaker. Ya, speakernya ganda, atas dan bawah. Jadi berasa stereo saat main game, mendengar musik atau menonton streaming film favorit dengan kualitas suara yang lumayan. Boleh juga.

Sementara pada sisi depan terdapat area layar dengan diagonal keseluruhan berukuran 6,78 inci. Guede banget! Panel layarnya IPS dengan tesolusi 2.460 x 1080 pixel atau sudah Full HD Plus. Refresh rate layarnya juga lumayan tinggi di angka 120 Hz dan sudah adaptive. Jadi, saat tidak ada aktivitas di layar, refresh rate bisa otomatis turun ke 60 Hz. Sementara saat ada aktivitas, bisa naik ke 120 Hz. Benar-benar menarik untuk segmennya.

Pengalaman layar bagaimana? Tak ada catatan. Infinix Hot 40 Pro ini sudah lebih dari cukup walaupun panel layarnya masih IPS. Wajar, sih. Kalau mau AMOLED, harganya nggak mungkin bisa sejutaan. Untuk main game oke. Sesuai temanya, gaming dan bekerja sama dengan Free Fire bahkan sampai ke wallpaper dan beberapa skin aplikasinya. Buat nonton atau bikin konten baik foto dan video? Masih enak. Aman.

Performa Disokong MediaTek Helio G99

Desain dan layar sudah, kita lanjut ke performa. Smartphone ini dibekali RAM 8 GB yang dapat ditingkatkan hingga 16 GB, memungkinkan pemuatan lebih cepat dan mendukung hingga 18 aplikasi untuk dibuka secara bersamaan. Fitur tambahan seperti Metamaterial Antenna dari Infinix menawarkan kinerja sinyal Hot 40 Pro yang lebih cepat dan stabil. Fitur ini menghasilkan peningkatan kecepatan pengunduhan file sebesar 68 persen, kekuatan sinyal yang ditingkatkan sebesar 6dB, serta penurunan latensi game sebesar 36 persen.

Dari sisi jeroan, Infinix Hot 40 Pro juga menawarkan pengalaman gaming yang superior dengan prosesor gaming MediaTek Helio G99 octa-core 6 nm. Dukungan touch sampling rate 1200 Hz, Hard-Gyroscope sensor, dan XBOOST Gaming Engine dari Infinix memastikan pengalaman bermain game mobile yang mulus dan mendalam.

Untuk RAM-nya menggunakan LPDDR4X dan ada fitur MemFusion sampai 8 GB. Sedangkan untuk storagenya menggunakan UFS 2.2. kombinasi prosesor kencang dan juga RAM besar seperti ini belum ada di seri Hot yang pernah hadir di Indonesia sebelumnya. Tentunya ini juga bikin Infinix Hot 40 Pro terasa peningkatannya.

Smartphone ini juga punya fitur ala-ala Dynamic Island seperti di iPhone milik Apple. Pada smartphone Infinix, fitur tersebut diberi nama sebagai Magic Ring. Sementara dari sisi sistem operasi, sayangnya smartphone ini masih hadir dengan OS bawaan Android 13.

Uji benchmark smartphone Infinix Hot 40 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dari sisi catu daya, Infinix Hot 40 Pro semakin menarik dengan dibekali dengan baterai 5.000 mAh dan teknologi Power Marathon. Sehingga, Infinix Hot 40 Pro juga menawarkan fitur Ultra Power Saving yang memungkinkan panggilan hingga 2 jam saat daya tersisa hanya 5 persen dan sejauh penggunaan kami, baterai smartphone ini awet, bisa tahan seharian lebih dengan penggunaan aktif.

Kami juga melakukan uji benchmark pada smartphone ini. Seperti biasa, aplikasi benchmark yang kami gunakan merupakan aplikasi umum yakni AnTuTu Benchmark dan PC Mark. Hasilnya, menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, hape ini bisa mencatatkan skor sebesar 437151. Sementara saat dijajal dengan PC Mark, Infinix Hot 40 Pro mencatat skor benchmark sintetis sebesar 10841. Cukup besar? Lumayan.

Buat main game juga masih aman. Game Free Fire, seperti yang jadi partner Infinix di seri Hot 40 Pro-nya ini bisa dimainkan dengan lancar. Walaupun nggak rata kanan dengan pengaturan grafis medium, main game masih bisa nyaman di Infinix Hot 40 Pro ini. Game lainnya juga demikian. Intinya, walaupun murah, smartphone ini masih bisa enak diajak main game. Nggak kalah dengan smartphone kelas menengah dari kompetitor.

Fitur pendukung lainnya di Infinix Hot 40 Pro juga terbilang lengkap. Hape ini sudah ada NFC dan fitur keamanan biometrik berupa pemindai sidik jari. Kemudian ada juga Face Unlock yang bisa dipakai sebagai tambahan saat mengunci smartphone ini selain kunci password dan pola. Keren.

Kamera Utama 108 MP

Untuk fotografinya, Infinix Hot 40 Pro membawa peningkatan jika dibandingkan pendahulunya. Kamera utamanya semara 108 MP dengan sensor HM6 untuk gambar yang tajam dan jernih jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yang hanya 50 MP saja.

Sementara itu, lensa lainnya adalah makro 2 MP yang ideal untuk memotret detail close-up, sementara kamera depan 32 MP dilengkapi dengan AI untuk selfie yang luar biasa, bahkan dalam kondisi cahaya redup, berkat lampu kilat depan yang canggih. Pada kamera utamanya juga ada opsi perekaman 1080 p. Jadi smartphone ini punya opsi resolusi perekaman video yang cukup lengkap untuk kamera selfie dan kamera utamanya.

Perangkat smartphone Infinix Hot 40 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Fitur kameranya juga lengkap mencakup Film, Portrait, Super Night, Beauty, Sky Shop, Pro, Panorama, Super Macro, Documents, Slow Motion, Time Lapse, Dual Video, Short Video, dan AR Space.

Hasilnya? Seperti Infinix kebanyakan, jepretan kamera Hot 40 Pro standar bagus. Maksudnya, hasilnya nggak mengecewakan. Cukuplah untuk seri smartphone entry-level yang diberi embel-embel gaming.

Pada skenario pemotretan dalam kondisi cahaya cukup, hasilnya lumayan memuaskan. Detailnya juga tajam dan jernih. Oke banget. Sementara saat macro juga masih bisa bagus.

Hanya saja, pada penggunaan kondisi cahaya minim, hasilnya terasa agak kabur detailnya. Masih bagus, hanya kurang greget saja detailnya. Untuk selfie masih oke juga, nggak berlebihan dengan efek komputer dan masih bisa dibanggakan untuk pamer di media sosial.

Kesimpulan

Sebagai smartphone yang ditempatkan pada kategori gaming, Infinix Hot 40 Pro nggak mengecewakan kami. Keseluruhan pengalaman penggunaan asyik-asyik saja, minim koreksi dan kenyataannya memang demikian. Buat main game? Lumayan. Kamera juga demikian. Desainnya? Normal saja, meski agak berlebihan di modul kamera.

Berikut hasil kamera Infinix Hot 40 Pro dalam berbagai skenario pemotretan:


Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com

Editor: Edy Pramana

Tag:  #review #infinix #nyaman #bermain #game #harus #mahal

KOMENTAR