Cara Membuat Halaman Facebook untuk Bisnis, Terupdate 2024
Ilustrasi Facebook. (Pexels/Luca Sammarco)
17:32
21 Maret 2024

Cara Membuat Halaman Facebook untuk Bisnis, Terupdate 2024

Berikut adalah cara membuat halaman Facebook untuk bisnis. Selain media sosial, kini Facebook juga memfasilitasi penggunanya untuk mengembangkan bisnis.

Pada dasarnya, halaman Bisnis Facebook adalah halaman publik yang mewakili perusahaan, organisasi, atau tokoh masyarakat (seperti selebriti atau politisi).

Merek dapat memposting gambar, video, dan teks seperti di halaman pribadi untuk dilihat, disukai, dikomentari, dan dibagikan oleh penggemarnya. 

Namun, tidak seperti kebanyakan halaman pribadi yang berfungsi menghubungkan seseorang dengan sekelompok teman dan keluarga tertentu, Halaman Bisnis dirancang untuk mempromosikan organisasi ke khalayak yang lebih luas.

Halaman Bisnis Facebook juga dibedakan berdasarkan konten yang mereka bagikan. Postingan dapat mencakup promosi tentang produk, layanan, dan penjualan. 

Postingan mungkin bersifat mendidik atau mungkin memperkenalkan pengikut kepada orang-orang penting dalam organisasi. Bandingkan dengan foto kucing lucu dan nada informal di sebagian besar halaman pribadi.

Jika Anda ingin memasang iklan atau menjalankan Toko Facebook, Anda harus menyiapkan Akun dan halaman Facebook Business. 

Buat Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat halaman Facebook untuk bisnis, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dirangkum Suara.com berikut ini. 

Cara Membuat Halaman Facebook untuk Bisnis, Terupdate 2024

Langkah 1: Buka Facebook dan Buat Halaman Bisnis

Untuk memulai, pertama Anda perlu membuka Facebook kemudian klik "Buat Halaman Bisnis" yang berada di kiri layar. Atau Anda juga bisa klik link berikut ini: https://web.facebook.com/pages/create

Jika Anda belum masuk ke Facebook, Anda akan diminta untuk melakukannya. Itu karena Anda perlu menautkan Akun Bisnis Anda ke halaman pribadi.

Jangan khawatir, informasi pribadi Anda tidak akan terlihat di Halaman Bisnis Anda. Namun jika Anda benar-benar ingin memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi, Anda dapat membuat akun pribadi kedua menggunakan email kantor Anda.

Langkah 2: Masukkan informasi dasar

Setelah membuka menu "Buat Halaman Facebook" maka ayar pertama yang Anda lihat adalah versi kosong. Di sana, akan ada beberapa tempat untuk memasukkan informasi di sebelah kiri.

Berikut adalah panduan mengisi tempat-tempat yang berisi tentang informasi produk Anda tersebut:

Nama: Pilihan yang paling jelas adalah menggunakan nama bisnis Anda. Jika sudah ada bisnis serupa, coba tambahkan lokasi atau jenis bisnis untuk membedakannya. Jadi “Larry's” menjadi “Larry's Restaurant” atau “Larry's of Chicago.”

Kategori: Pilih dari kategori yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda bisa mengubahnya nanti, jadi jangan terlalu menekankannya.

Deskripsi: Ini adalah kolom di mana Anda akan memberitahu dunia tentang bisnis Anda. Bersikaplah singkat dan deskriptif, tetapi jangan menghindar dari sedikit keberanian.

Klik “Buat Halaman” dan Akun Bisnis Facebook baru Anda resmi, meskipun masih perlu perbaikan di sana dan sini.

Langkah 3: Lengkapi detailnya

Sekarang Facebook akan menanyakan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda. Nah di sini, silahkan kreasikan kreatifitas Anda untuk melengkapi gambar, informasi dan berbagai hal penting lainnya.

Setelah itu, klik "Selanjutnya"

Langkah 4: Tambahkan gambar dan Percantik Halaman

Facebook memberi Anda banyak cara untuk mempercantik Halaman Bisnis Anda sehingga menonjol bagi pengguna. Gambar sampul Anda adalah yang paling terlihat. Pilih gambar yang memberi tahu dunia apa yang Anda lakukan sambil mencocokkan merek Anda.

Anda memiliki banyak pilihan untuk gambar profil Anda (gambar kecil yang berada di kiri bawah foto profil Anda). Jika Anda hanya menampilkan satu orang, cobalah foto orang yang paling populer. Atau pertimbangkan foto produk, toko, atau foto aksi Anda saat melakukan apa yang Anda lakukan.

Satu hal yang perlu diingat tentang foto profil Anda adalah foto tersebut akan dipotong agar sesuai dengan bentuk melingkar penempatannya. Pastikan gambar yang Anda pilih pas di tengah lingkaran.

Langkah 5: WhatsApp, teman, dan notifikasi

Selanjutnya, Facebook akan membawa Anda melalui tiga halaman yang menanyakan beberapa pilihan. Ketiganya bersifat opsional. Anda dapat mengetuk tombol “Lewati” di bagian bawah untuk melewatinya.

Yang pertama meminta Anda untuk menambahkan akun WhatsApp Anda. Lakukan itu hanya jika Anda ingin pelanggan mengirimi Anda pesan.

Dua pertanyaan berikutnya menanyakan apakah Anda ingin mengundang teman untuk mengikuti halaman Anda dan apakah Anda ingin pemberitahuan. Tentukan pilihan Anda atau lewati.

Langkah 6: Tambahkan tombol tindakan

Tombol tindakan adalah pintasan yang Anda berikan kepada pengunjung sehingga mereka dapat melakukan sesuatu yang benar-benar Anda ingin mereka lakukan.

Untuk menambahkan tombol CTA ke halaman Anda, klik “Tambahkan tombol tindakan.” Setelah Anda mengkliknya, Facebook akan memberi Anda beberapa opsi CTA.

Bergantung pada pilihan Anda, Anda harus menghubungkan nomor telepon, situs web, atau layanan (seperti aplikasi pemesanan makanan atau platform pemesanan tiket).

Langkah 7: Tambahkan lebih banyak detail kontak

Ini adalah langkah sederhana namun sangat penting. Terutama jika Anda adalah bisnis lokal dengan jam operasional reguler dan lokasi fisik.

Untuk menambahkan informasi yang membantu orang menemukan Anda secara online dan langsung, klik tab “Tentang”. Kemudian isi informasi apa pun yang Anda ingin orang lain lihat ketika mereka mengunjungi Halaman Facebook Anda.

Kini, halaman Facebook Anda sudah siap digunakan. Posting produk Anda di halaman tersebut agar semakin banyak orang tahu tentang produk Anda dan membelinya.

Itulah cara membuat halaman Facebook untuk Bisnis terbaru tahun 2024 yang perlu Anda pertimbangkan untuk dicoba. Semoga bisnis Anda sukses besar!

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #membuat #halaman #facebook #untuk #bisnis #terupdate #2024

KOMENTAR