IBM PHK Massal, Karyawannya Diganti AI
Logo IBM. (Shutterstock)
17:16
20 Maret 2024

IBM PHK Massal, Karyawannya Diganti AI

Perusahaan teknologi IBM dikabarkan kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke karyawannya. Mereka yang terdampak adalah pekerja di divisi marketing dan humas.

Hal ini diungkap oleh narasumber yang mengetahui kabar PHK massal di IBM, sebagaimana dilansir dari CNBC, Rabu (20/3/2024).

Disebutkan kalau Chief Communications Officer IBM, Jonathan Adashek membuat pengumuman tersebut dalam pertemuan sekitar tujuh menit dengan staf di dua divisi itu.

Desember 2023 lalu, CEO IBM Arvind Krishna mengatakan kalau mereka ingin meningkatkan keterampilan AI kepada seluruh karyawannya. Hal ini terucap saat mereka mengumumkan rencana untuk mengganti 8.000 karyawan dengan AI di Agustus 2023.

Menurut laporan pendapatan perusahaan yang terbit Januari 2023, IBM sejauh ini sudah melakukan PHK ke 3.900 karyawannya.

Kejadian di IBM ini menambah fenomena badai PHK di perusahaan teknologi. Sepanjang tahun 2024, ada 204 perusahaan teknologi yang sudah memecat 50.000 pegawainya.

Januari menjadi bulan mencekam untuk PHK massal, di mana perusahaan teknologi raksasa seperti Alphabet (induk perusahaan Google), Amazon, dan Unity melakukan pemutusan hubungan kerja.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #massal #karyawannya #diganti

KOMENTAR