5 Cara Membersihkan Port USB-C dengan Benar
Ilustrasi USB-C. [Unsplash/Samuel Angor]
07:48
18 Maret 2024

5 Cara Membersihkan Port USB-C dengan Benar

Puing-puing kecil atau debu mudah terperangkap di antara kisi port USB-C, terutama jika benda itu milik ponsel di dalam saku yang penuh serat.

Oleh karena itu, pengguna harus tahu bagaimana cara membersihkan port USB-C dengan benar. Jika pengguna berencana untuk membersihkan port USB-C, berikut ini panduannya:

Cara membersihkan port USB-C

Prinsip utama adalah berhati-hati karena jika pengguna merusak perangkat elektronik di port USB-C, koneksi mungkin berhenti berfungsi. Pengguna bahkan mungkin menyebabkan korsleting pada perangkat secara keseluruhan, meskipun kemungkinannya kecil.

1. Pertama, hembuskan udara ke dalam port USB-C untuk membersihkan puing-puing yang terlepas. Jika beruntung, ini mungkin satu-satunya langkah yang perlu dilakukan, tetapi pengguna mungkin juga memerlukan bantuan udara bertekanan.

2. Jika pengguna masih mencurigai ada kotoran di dalam port, gunakan tusuk gigi, sikat gigi, atau benda serupa yang cukup kecil untuk masuk ke dalam port yang tidak terbuat dari logam. Untuk tusuk gigi, pengguna mungkin perlu mengikirnya karena alasan ukuran.

3. Pengguna juga dapat menggunakan alat pembersih, lakukan secara perlahan di sekeliling sisinya untuk membersihkan debu. Cobalah untuk menghindari cabang konektor USB sebenarnya di bagian belakang.

4. Gunakan hembusan udara lagi untuk membersihkan puing-puing yang baru lepas.

5. Jika pengguna melihat masih ada material yang tertinggal di port, ulangi langkah 2 hingga 4.

Ilustrasi port USB-C. [Unsplash/Daniel Romero]Ilustrasi port USB-C. [Unsplash/Daniel Romero]

Hal yang harus dihindari saat membersihkan port USB-C:

1. Hindari memasukkan apa pun langsung ke dalam port karena di sana terdapat cabang konektor dan hal ini dapat membengkokkan cabang atau menggores kontak daya.

2. Jangan gunakan kapas. Ini mungkin terlalu besar untuk port USB-C, tetapi ancaman yang lebih besar adalah pengguna dapat meninggalkan serat kapas dan semakin menyumbat kisi.

3. Jangan gunakan benda logam. Hal ini lebih cenderung merusak perangkat elektronik dan bahkan dapat menyebabkan korsleting serta merusak seluruh perangkat.

4. Selain logam, hindari juga benda tajam.

5. Hindari memasukkan cairan ke dalam port. Jika hal ini terjadi, pastikan perangkat dimatikan dan dibiarkan kering.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk membersihkan port USB-C dengan benar.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #membersihkan #port #dengan #benar

KOMENTAR