Saingi YouTube Music, Spotify Hadirkan Fitur Music Video
Ilustrasi spotify (Unsplash / Midly Useful)
17:24
15 Maret 2024

Saingi YouTube Music, Spotify Hadirkan Fitur Music Video

Persaingan antara YouTube Music dan Spotify kian memanas. Terbaru, aplikasi pemutar musik tersebut mulai menghadirkan fitur music video yang membuatnya semakin mirip dengan YouTube Music.

Beberapa waktu lalu, sejumlah rumor menyebut bahwa Spotify tengah mempersiapkan fitur baru yang membuat aplikasi ini memiliki kemiripan dengan YouTube.

Dilansir dari TechCrunch, fitur baru tersebut adalah music video yang mirip seperti YouTube. Hal ini membuat Spotify tidak hanya digunakan untuk mendengarkan musik namun juga menonton video.

Kehadiran fitur music video di Spotify ini rupanya masih diuji coba dalam versi beta. Proses uji coba ini dilakukan di 11 negara antara lain Brasil, Kolombia, Jerman, Indonesia, Italia, Kenya, Belanda, Polandia, Filipina, Swedia dan Inggris.

Yang membedakan antara YouTube Music dan Spotify adalah ketersediaan music video di aplikasi tersebut. Spotify mengakui jika hal ini masih terbatas jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Beberapa music video dari artis seperti Ed Sheeran, Doja Cat, Ice Spice hingga Aluna dan Asake sudah dipastikan akan tersedia di Spotify untuk penggunanya di 11 negara tersebut.

Spotify memastikan jika music video yang muncul di Spotify tidak hanya dalam proses embed dari YouTube namun juga telah menerima hosting langsung dari Spotify sehingga bisa ditonton tanpa iklan.

Nantinya, fitur music video ini bisa diakses oleh pengguna Spotify melalui laman Now Playing. Pengguna akan menerima notifikasi 'Switch to Video' untuk bisa menyaksikan video tersebut.

Pengguna Spotify di Indonesia bisa langsung mencoba fitur music video baru ini di aplikasi. Jangan lupa untuk melakukan update di App Store atau Play Store masing-masing.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #saingi #youtube #music #spotify #hadirkan #fitur #music #video

KOMENTAR