Akun Facebook Kloning Menipu Orang Terdekat, Ini Cara Melaporkannya!
Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]
11:24
13 Maret 2024

Akun Facebook Kloning Menipu Orang Terdekat, Ini Cara Melaporkannya!

Jika pengguna pernah menemukan akun Facebook lain yang meniru akun milik pengguna, maka pengguna harus memperingati orang-orang di sekitar untuk tidak tertipu.

Untungnya, pengguna dapat menghapus akun Facebook kloning yang berusaha menjadi pengguna. Tindakan pengkloningan akun sendiri dilakukan penipu untuk mendapatkan keuntungan dengan berpura-pura menjadi pengguna.

Berikut ini cara menghapus akun Facebook yang berpura-pura menjadi pengguna:

Cara mengetahui seseorang mengkloning akun Facebook

Banyak pengguna mengetahui bahwa akun Facebook mereka telah dikloning ketika mulai menerima pesan, email, dan bahkan panggilan telepon dari orang-orang di daftar teman yang memberi tahu bahwa ada sesuatu yang aneh tentang postingan terbaru mereka. 

Cara tercepat untuk mengetahui apakah akun Facebook pengguna telah dikloning adalah dengan mencari nama pengguna sendiri di Facebook. Jangan kaget jika ada lebih dari satu orang yang memiliki nama seperti pengguna karena hal itu sering terjadi.

Pengguna harus melihat lebih dekat. Periksa foto profil terlebih dahulu. Jika ada lebih dari satu foto profil milik pengguna di daftar hasil pencarian, maka akun pengguna telah dikloning. 

Detail lainnya mungkin juga terlihat mencurigakan. Jika pengguna tidak memposting ulang tahun seperti kebanyakan orang, akun kloning mungkin mempostingnya, dan itu mungkin tanggal yang salah.

Jika hal itu terjadi, pengguna harus segera menghubungi Facebook. Pengguna juga harus keluar dari Facebook di semua perangkat, lalu masuk kembali dan mengubah kata sandi.

Ilustrasi Facebook. (Pexels/Luca Sammarco)Ilustrasi Facebook. (Pexels/Luca Sammarco)

Cara melaporkan akun kloning di Facebook

Jika pengguna yakin bahwa akun Facebook pengguna sedang dikloning, prosedurnya mudah.

  • Masuk ke halaman profil akun palsu.
  • Klik menu tiga titik di sisi kanan halaman.
  • Kemudian klik Find support or report.
  • Dari menu yang muncul, pilih Pretending to be someone.
  • Selanjutnya klik opsi Pretending to be me.
  • Kirim pemberitahuan Facebook tentang masalah ini dengan mengklik tombol Submit. Facebook akan menghapus akun palsu tersebut dalam beberapa hari.

Itulah yang dapat pengguna lakukan jika menemukan akun yang meniru pengguna di Facebook.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #akun #facebook #kloning #menipu #orang #terdekat #cara #melaporkannya

KOMENTAR