Panik Layar HP Rusak? Tenang, Data Masih Bisa Diselamatkan!
Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Ashkan Forouzani]
06:32
12 Maret 2024

Panik Layar HP Rusak? Tenang, Data Masih Bisa Diselamatkan!

Hampir setiap orang pernah mengalami situasi seperti layar retak, HP terkena air, dan layar ponsel hitam tanpa respons. Ketika kejadian tersebut terjadi, pengguna mungkin panik menyelamatkan data di dalam HP Android.

Untungnya, jika perangkat keras yang mendasarinya masih utuh, maka data masih dapat diekstraksi meskipun layarnya rusak.

Ekstraksi data dari HP Android dengan layar rusak cukup sederhana jika data disimpan di kartu SD. Berikut ini cara mengekstrak data dari HP Android yang layarnya rusak:

Ekstrak data dengan dongle USB-C dan layar eksternal

Jika ponsel Android hanya mengalami kerusakan layar saja, pengguna bisa mencoba mengaksesnya melalui layar eksternal seperti monitor atau televisi. Ini akan memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya melewati tampilan yang rusak.

Namun, perlu diingat bahwa solusi ini mungkin tidak berfungsi pada semua perangkat. Beberapa smartphone kelas bawah masih menggunakan USB 2.1, yang tidak memiliki cukup bandwidth untuk mendukung output video.

Untungnya, banyak HP Android kelas menengah dan atas mulai mendukung tampilan melalui USB-C. Sejumlah produsen, termasuk Samsung, Huawei, dan Motorola, juga menawarkan mode desktop lengkap saat pengguna menyambungkan ponsel ke layar eksternal.

Dengan asumsi HP Android pengguna kompatibel dengan video-out USB, pengguna hanya memerlukan adaptor USB-C ke HDMI bersama dengan kabel HDMI.

Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Kostiantyn Li]Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Kostiantyn Li]

Selain itu, jika fungsi layar sentuh Android juga rusak, maka pengguna perlu menyambungkan keyboard dan mouse. Jika hal itu terjadi, gunakan dongle USB-C multi-port yang mencakup HDMI dan port USB ukuran penuh. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Hubungkan ujung USB-C dongle atau adaptor ke perangkat Android yang rusak.
  • Sambungkan salah satu ujung kabel HDMI ke adaptor dan ujung lainnya ke layar. Antarmuka ponsel akan muncul di layar eksternal.
  • Hubungkan periferal lain ke port USB adaptor, jika diperlukan. Pengguna juga dapat menghubungkan flash drive USB jika ingin memindahkan file ke dalamnya.
  • Setelah itu, yang perlu dilakukan hanyalah membuka kunci perangkat dan menyalin file ke penyimpanan eksternal atau mengunggahnya ke layanan cloud seperti Google Drive.

Sayangnya, jika HP Android pengguna tidak mendukung output video melalui USB-C, pengguna tidak punya pilihan selain memperbaikinya.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #panik #layar #rusak #tenang #data #masih #bisa #diselamatkan

KOMENTAR