Realme 12 Pro+ 5G Vs Redmi Note 13 Pro 5G, Mana yang Lebih Bagus? Simak Nih Perbandingannya
Perangkat smartphone Realme 12 Pro+ 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
14:52
9 Maret 2024

Realme 12 Pro+ 5G Vs Redmi Note 13 Pro 5G, Mana yang Lebih Bagus? Simak Nih Perbandingannya

- Beberapa pekan terakhir pasar smartphone kelas menengah di Tanah Air kehadiran dua model smartphone baru dari merek berbeda yakni Redmi dan Realme. Redmi diketahui merupakan sub-brand dari Xiaomi sementara realme tak lain adalah merek dari grup BBK Electronics yang juga menaungi jenama Oppo dan Vivo.

Realme datang lebih dulu dengan kehadiran realme 12 Series 5G terbaru yang memiliki model 12+ 5G dan realme 12 Pro+ 5G. Sementara Redmi, punya Redmi Note 13 Pro, Redmi Note 13 Pro 5G, dan Redmi Note 13 Pro+ 5G. Kebanyakan? Iya. Bikin bingung juga.

Untuk yang sedang cari smartphone kelas menengah dari dua merek di atas, JawaPos.com buatkan komparasinya. Bukan untuk mengadu mana yang bagus dan mana yang jelek, namun untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing lantaran hadir di segmen yang sama.

Karena serinya terlalu banyak, kita ambil yang varian tertinggi yakni seri Pro+ dari masing-masing merek. Penasaran? Berikut komparasi selengkapnya:

Realme 12 Pro+ 5G

Karena hadir lebih dulu, maka komparasi dimulai dari Realme. Realme 12 Pro+ 5G hadir di Indonesia dengan membawa gebrakan di sektor fotografi dengan menjadi smartphone pertama di segmennya menghadirkan Periscope Portrait Camera.

Kehadiran lensa telefoto periskop pada Realme 12 Pro+ 5G meningkatkan pengalaman fotografi pengguna dengan menghadirkan foto zoom yang tajam dan detail tanpa mengurangi kualitas gambar walau diambil dari jarak yang jauh.

Didapuk sebagai Next-gen Imaging Smartphone, Realme 12 Pro+ 5G memperkenalkan teknologi kamera telefoto periskop yang mutakhir, zoom lossless full-focal-length, dan MasterShot Algorithm yang dikembangkan bekerja sama dengan Qualcomm. Kamera pada Realme 12 Pro+ 5G memiliki sensor telefoto periskop terbaik dan terbesar di segmennya, yang menawarkan kemampuan zoom lossless dengan full focal length.

Realme 12 Pro+ 5G juga menetapkan standar baru dengan menghadirkan Sensor OmniVision OV64B dengan ukuran sensor 1/2 inci, 2,62 kali lebih besar dari sensor telefoto pada iPhone 15 Pro. Sensor ini menghadirkan teknologi fusi 4 in 1 pixels dengan 1.4 mikron Fusion Pixels, menghasilkan resolusi 64MP yang mengesankan untuk meningkatkan kualitas gambar secara signifikan.



Kamera utama pada Realme 12 Pro+ 5G juga dapat diandalkan karena menggunakan sensor IMX890 50MP dengan dukungan OIS untuk memastikan kestabilan dan kejernihan gambar di berbagai situasi dan kondisi. Untuk foto di malam hari, realme 12 Pro+ 5G dilengkapi fitur NightEye Engine untuk mengoptimalkan kualitas foto pada kondisi minim cahaya tanpa penurunan kualitas.

Fitur ini diklaim meningkatkan kejernihan pemandangan malam dengan rasio signal-to-noise yang ditingkatkan sebesar 26,5 persen, secara efektif menyeimbangkan sorotan dan detail gelap untuk foto malam yang lebih jelas dan detail.

Di sisi visual, Realme 12 Pro+ 5G mengusung tampilan layar yang memukau melalui 120Hz Curved Vision Display berukuran 6,7 inci dengan mengusung layar AMOLED beresolusi FHD+, yang mendukung 1,07 miliar warna dan 100 persen P3 color gamut.

Realme 12 Pro+ 5G juga menghadirkan fitur Pro-XDR yang umumnya terdapat pada smartphone flagship untuk mengoptimalkan rentang kecerahan dan rentang dinamis yang lebih baik, khususnya pada hasil foto. Untuk kenyamanan pengguna, realme 12 Pro+ 5G juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland untuk kenyamanan dan kesehatan mata.



Di sektor performa, Realme 12 Pro+ 5G juga unggul di segmennya dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. realme 12 Pro+ 5G memberikan jaminan performa luar biasa namun tetap efisien berkat arsitektur 4 nm yang inovatif. Pengguna dapat menikmati peningkatan output sebesar 20 persen, meningkat dari 170000 menjadi 210000 dibanding realme 11 Pro+ 5G tanpa khawatir baterai cepat habis.

Melengkapi pengalaman yang sempurna pada smartphone ini, realme 12 Pro+ 5G menghadirkan kamera Selfie Sony 32MP, Ultra-wide 8 MP, sertifikasi IP65 Dust & Water Resistance, NFC multifungsi, Hi-Res Dual Speaker dengan Dolby Atmos, dengan antarmuka realme UI 5.0 baru berbasis Android 14.

Sistem operasi tersebut datang dengan sejumlah tambahan fitur baru seperti fitur File Dock yang menawarkan solusi serbaguna untuk multitasking lebih lancar hanya dengan aksi drag and drop, Flash Capsule untuk update real-time di status bar dari aplikasi pihak ketiga populer seperti Grab, serta Smart Image Matting, dan Phonelink.

Perangkat smartphone Redmi Note 13 Pro+ 5G. (Istimewa)

Redmi Note 13 Pro+ 5G

Selanjutnya Redmi dengan Redmi Note 13 Pro+ 5G. Spesifikasinya nggak kalah menggoda. Sungguh. Keunggulannya hampir mirip dengan realme 12 Pro+ 5G. Jadi makin bingung.

Dari sisi kamera, Redmi Note 13 Pro+ 5G hadir dengan kamera utama 200 MP. Berbekal spesifikasi kamera demikian, pengguna dapat menangkap setiap detail dengan akurasi yang lebih baik, meskipun dalam keadaan zooming, mulai dari lanskap wide-angle hingga close-up detail, menjadikan setiap momen dengan kejelasan dan presisi yang memukau.

Selain kamera utama 200 MP, Redmi Note 13 Pro+ 5G juga sudah hadir dengan OIS atau Optical Image Stabilization yang sekelas smartphone flagship. Fitur tersebut cocok bagi pengguna yang suka eksplorasi dalam mengekspresikan konten, meskipun dalam situasi yang kurang stabil, tetapi tetap menghasilkan foto berkualitas.

Kameranya juga sudah dilengkapi dengan zoom in-sensor 2x/4x pada ketiga varian tersebut, pengguna dapat fokus pada subjek utama dalam foto mereka tanpa kehilangan kualitas, seperti memperbesar ujung menara dari suatu foto landscape yang luas untuk kemudian di-cropping dan hasilnya kualitas foto tidak akan pecah.

Dari sisi jeroan, prosesor MediaTek Dimensity 7200 Ultra dipercaya mendukung advanced 5G performance, serta mendukung kamera utama hingga 200 MP yang mampu merekam video 4K dengan frame rate 30 FPS yang cocok untuk mengoptimalkan performa kamera Redmi Note 13 Pro+ 5G.

Tak hanya itu, Redmi Note 13 Pro+ 5G juga telah mendukung IP68 yang dapat menahan debu dan air sekalipun. Realme juga punya fitur tersebut, hanya saja sertifikasinya di IP65.

Redmi Note 13 Pro Series memiliki layar 1.5K AMOLED curved display dan kecerahan puncak 1800 nits dan dilengkapi dengan refresh rate 120Hz AdaptiveSync untuk scrolling yang lancar di Redmi Note 13 Pro+ 5G.

Dari sisi ketahanan baterai, lini anyar Redmi Note tersebut hadir dengan daya tahan baterai yang kuat yang mana seri Redmi Note 13 yang sudah mendukung baterai hingga 5.100 mAh. Pengguna Redmi Note 13 Pro+ 5G juga dapat tetap terhubung dan produktif sepanjang hari, tanpa perlu pengisian ulang yang terus-menerus, dan didukung dengan charger yang mendukung hingga 120W hyper-charge.

Kesimpulan

Well, dari perbandingan di atas, tampak bahwa semuanya memiliki keunggulan masing-masing di rentang harganya yakni di atas Rp 5 jutaan lebih sedikit. Sama-sama oke, sama-sama kece.

Untuk kamera, karena kami sudah menjajal Realme 12, menurut kami kamera realme lebih baik. Juga sudah didukung fitur periskop yang mumpuni alih-alih megapixel besar di Redmi Note 13 Pro+ 5G yang hanya akan menambah besar ukuran file foto yang disimpan.

Dari sisi layar, kedua so-so. Sama-sama sudah curved display, sama-sama sudah AMOLED. Layar dengan panel AMOLED sudah tidak bisa dibantah kualitasnya. Terbaik dalam menyajikan visual ke mata pengguna dalam berbagai skenario penggunaan.

Sisanya juga kurang lebih sama, tinggal faktor selera saja. Mau pilih Redmi atau Realme. Dari segi ketahanan juga sama-sama unggul. Kemudian baterai dan kualitas pengecasan juga oke.

Faktor jeroan, kami lebih memilih realme juga lantaran menggunakan chip bikina Qualcomm. Bukan berarti milik Redmi Note 13 Pro+ 5G jelek, tidak. Hanya berdasarkan kebiasaan dan citra, chip bikinan Qualcomm sering dianggap lebih unggul ketimbang bikinan MediaTek.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #realme #redmi #note #mana #yang #lebih #bagus #simak #perbandingannya

KOMENTAR