Cara Baru Dapat Uang dari TikTok, Bikin Video Minimal 1 Menit
Ilustrasi TikTok. [Unsplash/Collabstr]
14:00
7 Maret 2024

Cara Baru Dapat Uang dari TikTok, Bikin Video Minimal 1 Menit

TikTok meluncurkan program baru yang disebut Creator Rewards Program. Berbeda dari sebelumnya, para TikTokers kini hanya akan dibayar apabila mereka mengunggah video dengan durasi lebih dari satu menit.

"Creator Rewards Program akan terus memberikan penghargaan kepada konten asli berkualitas tinggi selama satu satu menit dengan formula hadiah yang dioptimalkan," kata TikTok dalam pengumumannya, dikutip dari Engadget, Kamis (7/3/2024).

Syarat mendapatkan uang dari TikTok di kebijakan baru ini yakni kreator harus membuat konten yang orisinil, durasi minimal semenit, memiliki nilai pencarian, dan keterlibatan pemirsa.

TikTok mengatakan bahwa konten dengan durasi panjang justru lebih menguntungkan para TikTokers.

“Total pendapatan pembuat konten meningkat lebih dari 250 persen dalam enam bulan terakhir, dan jumlah pembuat konten yang menghasilkan 50.000 Dolar AS (Rp 782 juta) setiap bulan meningkat hampir dua kali lipat,” katanya.

TikTok juga memperluas fitur berlangganan untuk para pembuat konten. Sebelumnya, hanya live streamer yang dapat mengakses penawaran seperti konten eksklusif, badge, dan emoji yang dipersonalisasi.

Kini TikTok memperluas akses tersebut ke para TikToker, tak hanya untuk live streaming. Fitur ini akan hadir dalam beberapa minggu ke depan.

“Dalam beberapa minggu mendatang, pembuat konten yang memenuhi syarat dapat mendaftar untuk mengakses cara baru untuk memperkuat komunitas mereka dengan nilai tambah melalui konten dan manfaat eksklusif, sekaligus memberikan peluang bagi komunitas mereka yang paling terlibat untuk terhubung lebih dalam dengan pembuat konten favorit mereka,” beber perusahaan asal China itu.

Kendati begitu, banyak pengguna yang masih ragu dengan durasi video lebih panjang. Dalam survei internal TikTok tahun lalu, hampir 50 persen responden mengaku kalau video berdurasi lebih dari semenit justru menimbulkan stres.

Sedangkan sepertiga responden lainnya mengaku lebih memilih menonton video dengan kecepatan dua kali lipat apabila durasinya panjang.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #cara #baru #dapat #uang #dari #tiktok #bikin #video #minimal #menit

KOMENTAR