5 Trik Jitu Menemukan AirPods yang Hilang
Ilustrasi Airpods. [Shutterstock]
09:40
7 Maret 2024

5 Trik Jitu Menemukan AirPods yang Hilang

Apple AirPods memiliki bentuk yang kecil dan hal itu membuatnya mudah hilang karena terselip atau jatuh di suatu tempat. Namun, jangan panik jika AirPods hilang.

Untungnya, Apple memiliki layanan yang dirancang khusus untuk situasi seperti itu dan membantu pengguna menemukan lokasi AirPods. Hal ini berkat aplikasi Find My.

Berikut ini cara menemukan AirPods yang hilang menggunakan aplikasi Find My:

1. Buka aplikasi Find My

Versi terbaru iOS memiliki aplikasi bernama Find My. Mulailah dengan membuka aplikasi dan masuk dengan Apple ID pengguna.

Pengguna juga dapat mengakses browser dan membuka iCloud.com untuk menemukan versi web layanan tersebut, namun Find My lebih lebih mudah digunakan.

Namun jika pengguna belum pernah menggunakan Find My sebelumnya untuk perangkat apa pun, ada kemungkinan perangkat tersebut tidak dapat membantu pengguna menemukan AirPods. Jika pengguna memiliki perangkat Apple baru, sebaiknya masuk ke Find My untuk memastikan perangkat tersebut muncul.

2. Temukan lokasi AirPods

Layar Find My akan menampilkan peta dan jendela alat yang secara default disetel ke opsi People. Pilih Devices dan daftar semua perangkat yang pengguna masuki dan lokasinya akan muncul.

Pilih ikon peta dan cari ikon AirPods. Peta tidak selalu akurat, namun mungkin cukup akurat agar pengguna menyadari di mana pengguna meninggalkan AirPods sehingga pengguna dapat menemukannya.

Penting untuk diperhatikan bahwa peta hanya akan menampilkan satu AirPod dalam satu waktu. Jika pengguna hanya kehilangan satu AirPod, masukkan AirPod lainnya ke dalam casing dan refresh peta untuk menemukan AirPod lainnya.

3. Bunyikan lonceng untuk menemukan AirPods yang hilang

Saat AirPods dipilih, pengguna akan melihat opsi baru, termasuk opsi yang bertuliskan Play sound. Ini akan membuat AirPods yang hilang mulai mengeluarkan bunyi, sehingga pengguna bisa mencarinya jika berada di lokasi sekitarnya.

AirPods akan mulai mengeluarkan bunyi bip dengan volume yang semakin besar selama sekitar dua menit.

Ilustrasi AirPods dan iPhone. [AB/Unsplash]Ilustrasi AirPods dan iPhone. [AB/Unsplash]

4. Aktifkan fitur Find Nearby

Sebagai bagian dari pembaruan terkini, jika pengguna memiliki AirPods Pro atau AirPods Max, Find My menerima pembaruan penting untuk perangkat ini di iOS 15.

Dengan pembaruan terkini, pengguna akan melihat opsi Find Nearby pada aplikasi Find My. Pilih opsi tersebut akan itu akan mengubah tampilan iPhone menjadi ikon melingkar.

Ikon akan berwarna biru saat mendekati AirPods, sehingga pengguna dapat menggunakannya sebagai pendeteksi di tempat yang pengguna curigai sebagai lokasi AirPods.

5. Aktifkan notifikasi

Pengguna juga akan melihat bahwa aplikasi Find My memiliki bagian yang disebut Notifications, yang dapat berguna jika pengguna belum menemukan AirPods dan perlu mengambil beberapa langkah tambahan.

Jika aplikasi tidak dapat menemukan AirPods di peta sama sekali, pengguna harus mengaktifkan Notify when found, yang akan mengirimi pengguna pemberitahuan jika aplikasi Find My akhirnya mendapatkan ping dari AirPods yang hilang.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk menemukan AirPods yang hilang.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #trik #jitu #menemukan #airpods #yang #hilang

KOMENTAR