Berbagi File Lebih Mudah, Google-Samsung Kolaborasi Bikin Quick Share
Aplikasi berbagi kolaborasi Samsung-Google bernama Quick Share. (RianAlfianto/JawaPos.com)
18:16
12 Januari 2024

Berbagi File Lebih Mudah, Google-Samsung Kolaborasi Bikin Quick Share

Google meluncurkan banyak fitur baru di CES 2024. Yang paling menarik salah satunya adalah sistem Quick Share baru, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Samsung. Ini akan menggantikan Nearby Share atau Berbagi Terdekat Google, yang diperkenalkan pada tahun 2020 lalu.   Sangat menarik untuk melihat Google mengadopsi penamaan Samsung untuk layanan serupa yang dulu dimilikinya. Quick Share yang baru dianggap sebagai yang terbaik dari kedua dunia saat ini.   Google mengatakan pihaknya "mengintegrasikan pengalaman" dengan Samsung dan dengan demikian menciptakan opsi bawaan terbaik untuk berbagi konten peer-to-peer di semua jenis perangkat yang menjalankan Android atau Chrome OS.  

  Selain itu, perusahaan ini bekerja sama dengan produsen PC terkemuka seperti LG untuk memperluas Quick Share baru ke PC Windows sebagai aplikasi pra-instal di masa depan. Dengan sistem baru, Anda cukup mengetuk ikon Bagikan Cepat dan dapatkan daftar perangkat yang tersedia di dekat Anda.   Tentu saja Anda dapat memilih siapa yang dapat menemukan perangkat Anda dan mengirim file - semua orang, hanya kontak Anda, atau hanya perangkat Anda sendiri. Quick Share yang baru diharapkan mulai diluncurkan ke perangkat yang mendukung Berbagi Terdekat pada bulan Februari.   Cara menggunakan Quick Share juga sangat mudah. hanya dengan mengetuk ikon Quick Share yang baru, Anda dapat melihat daftar perangkat yang tersedia di dekat Anda.   

  "Anda tetap mengontrol privasi Anda, dan dapat memilih di pengaturan ponsel Anda siapa yang dapat menemukan perangkat Anda dan mengirim file, apakah itu semua orang, hanya kontak Anda, atau hanya perangkat Anda sendiri. Quick Share akan mulai diluncurkan ke perangkat yang mendukung Berbagi Terdekat bulan depan," jelas Google di blog resminya.    Dengan kedua fitur tersebut, berbagi gambar, file, dan teks antar perangkat Android jadi lebih mudah, cepat, dan nyaman.   Seperti sudah disinggung di atas, Google mengatakan, untuk membuat berbagi antar perangkat jadi lebih lancar, perusahaan juga menggandeng produsen PC seperti LG, untuk memperluas Quick Share ke PC Windows, sebagai aplikasi pra-instal.  

  Jadi nantinya, dengan klik ikon Quick Share yang baru, pengguna akan bisa melihat daftar perangkat yang ada di sekitarnya. Meski begitu, Google menegaskan pengguna bakal tetap bisa mengontrol privasinya, dan dapat memilih di pengaturan, siapa yang bisa menemukan perangkatnya dan mengirimkan file.   Fitur Quick Share akan diluncurkan ke perangkat Android yang telah mendukung Nearby Share mulai Februari 2024.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #berbagi #file #lebih #mudah #google #samsung #kolaborasi #bikin #quick #share

KOMENTAR