Atasi Layar Green Line di HP Android dengan 6 Cara Ini!
Ilustrasi HP. [Unsplash/Lacie Slezak]
09:24
6 Maret 2024

Atasi Layar Green Line di HP Android dengan 6 Cara Ini!

Green line atau garis hijau adalah masalah yang cukup umum terjadi pada HP Android dan hal tersebut terlihat di hampir semua merek yang tersedia.

Saat masalah ini terjadi, pengguna biasanya akan melihat layar yang berfungsi normal tetapi garis hijau tipis memanjang dari atas atau garis hijau berkedip-kedip sesekali muncul.

Berikut ini enam cara memperbaiki munculnya green line di HP Android:

Sebelum memulai, pengguna harus mengetahui penyebab munculnya garis hijau di layar ponsel. Ada banyak kemungkinan penyebab hal itu terjadi.

Jika garis hijau disertai dengan banyak warna lain dan terutama jika pengguna melihat kerusakan pada kaca, kemungkinan besar layarnya retak.

Beberapa penyebab lainnya mencakup konektor layar longgar, konektor layar rusak, kerusakan akibat air atau jatuh pada layar, aplikasi yang tidak kompatibel, dan konfigurasi salah.

Inilah enam cara yang bisa pengguna lakukan:

1. Mulai ulang ponsel

Mulailah dengan mematikan ponsel, lalu hidupkan kembali. Jangan hanya mematikan layar, pastikan untuk benar-benar mematikan ponsel dan menyalakannya kembali.

Perbaikan dasar ini mengatasi banyak masalah karena memaksa ponsel untuk menutup semuanya dan memulai dari awal. Jika garis hijau disebabkan oleh kesalahan sementara pada perangkat lunak ponsel, maka memulai ulang ponsel akan memperbaiki masalah tersebut.

2. Mulai ulang ponsel dalam Safe Mode

Safe Mode adalah mode terbatas yang mencegah peluncuran apa pun di ponsel selain hal-hal penting. Ini adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah pengguna memiliki masalah perangkat lunak. Jika garis hijau hilang dalam Safe Mode, artinya pengguna memiliki masalah dengan aplikasi, pengaturan, atau sistem operasi.

3. Hapus aplikasi terbaru

Jika pengguna baru saja memasang aplikasi apa pun, coba copot pemasangannya. Jika garis hijau disebabkan oleh aplikasi yang tidak kompatibel atau tidak berfungsi, menghapusnya mungkin dapat mengatasi masalah.

Ilustrasi HP Samsung. [Unsplash/Christian Wiediger]Ilustrasi HP. [Unsplash/Christian Wiediger]

4. Perbarui ponsel

Periksa untuk melihat apakah ponsel memiliki pembaruan sistem operasi yang tersedia. Jika ada masalah dengan versi Android saat ini, melakukan pembaruan mungkin dapat memperbaiki masalah.

5. Reset pabrik ponsel

Ini adalah perbaikan terakhir yang harus dicoba sebelum membawa ponsel ke layanan servis untuk diperbaiki. Ini adalah pilihan yang drastis, karena menghapus semua data di ponsel, termasuk foto, video, dan lainnya, dan menginstal versi Android yang baru.

Jika garis hijau disebabkan oleh masalah perangkat lunak, factory reset akan memperbaiki masalah tersebut. Jika garis hijau tetap ada, maka artinya pengguna mengalami kegagalan perangkat keras.

6. Hubungi produsen untuk bantuan lebih lanjut

Jika HP Android masih dalam garansi, produsen dapat memperbaiki atau menggantinya. Jika tidak, produsen akan dapat memberi pengguna informasi tentang cara memperbaiki ponsel.

Itulah yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi green line yang muncul di layar HP Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #atasi #layar #green #line #android #dengan #cara

KOMENTAR