Ingin Hemat Baterai? Begini Cara Mematikan AirTag dengan Mudah
Airtag. [Daniel Romero/Unsplash]
12:24
1 Maret 2024

Ingin Hemat Baterai? Begini Cara Mematikan AirTag dengan Mudah

Sebagian besar pengguna AirTag mengeluh dengan masa pakai baterai. Namun, pengguna bisa mematikan AirTag untuk menghemat baterai.

Berikut ini cara mematikan AirTag dengan mudah untuk menghemat baterai:

Cara mematikan AirTag untuk menghemat baterai

Sebenarnya, pengguna tidak mungkin mematikan Apple AirTag. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan melepas baterai AirTag. Berikut proses langkah demi langkah untuk melakukannya:

  • Tekan penutup baterai AirTagke bawah dan putar berlawanan arah jarum jam hingga tidak dapat diputar lagi.
  • Lepaskan penutup dan baterai.
  • Setelah selesai, AirTag akan dinonaktifkan.

Setelah pengguna menonaktifkan AirTag, AirTag tidak akan terhubung ke Apple ID sampai pengguna mengaktifkannya kembali. Artinya AirTag tidak akan melacak lokasi atau mengirimkan notifikasi.

Selain itu, fitur Precision Finding yang memungkinkan pengguna menemukan lokasi AirTag tidak akan berfungsi lagi. Untuk mengaktifkan kembali AirTag, tekan dan tahan penutup baterai hingga mendengar bunyi bip.

Cara memeriksa masa pakai baterai AirTag

Pengguna dapat memeriksa baterai AirTag menggunakan aplikasi Find My. Buka aplikasi di iPhone atau iPad, kemudian temukan AirTag di tab Item.

Pengguna akan melihat bilah baterai di sebelah AirTag. Namun, bilah baterai hanya muncul jika baterai lemah.

Jika persentasenya rendah, tetapi pengguna memerlukan AirTag untuk sesuatu yang penting, ada baiknya mengganti baterai dengan yang baru. AirTag menggunakan baterai CR2032 yang tersedia di sebagian besar toko elektronik.

Airtag. [c Trnh/Unsplash]Airtag. [c Trnh/Unsplash]

Cara meningkatkan masa pakai baterai AirTag

Jika pengguna ingin menghemat masa pakai baterai AirTag agar dapat menggunakannya seefektif mungkin, berikut beberapa tipsnya:

1. Nonaktifkan suara AirTag untuk meningkatkan masa pakai baterainya. Untuk melakukannya, buka aplikasi Find My di perangkat iOS dan pilih AirTag di bawah Item. Geser ke atas dari bawah untuk memperluas opsi menu. Ketuk Notify When Left Behind.

2. Gunakan Low Power Mode untuk membuat AirTag bertahan lebih lama. Buka Settings di perangkat iOS, ketuk opsi Battery, dan alihkan Low Power Mode ke Aktif atau On.

3. Tetap nonaktifkan AirTag dengan melepas baterainya dan hanya aktifkan saat pengguna membutuhkannya.

Tips-tips di atas adalah cara mudah untuk menghemat baterai AirTag.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #ingin #hemat #baterai #begini #cara #mematikan #airtag #dengan #mudah

KOMENTAR