Review realme 12+ 5G: Smartphone Midrange dengan Kamera dan Performa Mengesankan
Tampak housing kamera realme 12+ 5G 
15:36
29 Pebruari 2024

Review realme 12+ 5G: Smartphone Midrange dengan Kamera dan Performa Mengesankan

- realme baru saja meresmikan kehadiran realme 12+ 5G di Indonesia, yang menandai kemunculan perdananya di dunia. Smartphone ini datang sebagai bagian dari realme 12 Series 5G.  

Mengadopsi kemampuan fotografi pada varian Pro+, realme 12+ 5G datang dengan mengunggulkan sektor kamera utama yang menggunakan sensor Sony 50MP mendukung 2x In-sensor Zoom dan dilengkapi dengan fitur SuperOIS. Selain itu desain mewah ala jam tangan kelas atas juga dihadirkan di sini. 

Masih membawa sejumlah karakter khas dari Number Series sebelumnya, realme 12+ 5G tersedia dalam satu pilihan memori yaitu 8GB+8GB*/256GB dengan harga jual yang tergolong terjangkau. 

Sebelum memutuskan membelinya, simak pengujiannya di bawah ini. 

Desain 

Berkolaborasi dengan desainer jam tangan kelas atas Ollivier Saveo, realme 12+ 5G tampil mewah dengan lapisan kulit poliuretan atau kulit sintetis yang halus dan diklaim kuat, dikombinasikan dengan elemen mengilap di beberapa sisi. 

Tidak hanya mengusung material yang premium, housing kamera juga menjadi pembeda yang signifikan, membedakan realme 12+ 5G dengan smartphone lain di segmennya. Housing yang terinspirasi dari mahkota jam tangan mewah ini seakan menjadi sebuah statement bahwa smartphone ini mengandalkan kemampuan kamera

realme memang dikenal sebagai brand smartphone yang sering menghadirkan desain out of the box di seri smartphonenya. Dan kali ini, desain tersebut juga diturunkan realme pada realme 12+ 5G, yang tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Navigator Beige dan Pioneer Green.

Bodinya 7,87mm di mana masih tergolong tipis di kelasnya, mengingat membawa baterai berkapasitas 5.000mAh yang membutuhkan tempat cukup besar. Bobotnya juga masih tergolong ringan hanya 190 gram.

tampak samping realme 12+ 5G

realme 12+ 5G  memiliki sertifikasi IP54 untuk daya tahan air dan debu dalam penggunaan sehari-hari. 

Layar AMOLED 120Hz 6,67 inci FHD+ yang diusung realme 12+ 5G mampu berikan tampilan yang memanjakan mata dengan warna kontras dan pergerakan halus. 

realme juga menghadirkan fitur Rainwater Smart Touch, fitur yang jarang ditemukan di smartphone lain di kelasnya. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat tetap mengoperasikan smartphone walau tangan berada dalam keadaan yang basah. 

realme 12+ 5G juga masih menyediakan lubang headset 3,5mm dengan sensor sidik jari tertanam di layar. Seperti smartphone terbaru realme belakangan, fitur NFC pada realme 12+ 5G dapat melakukan duplikasi kartu akses. 

Tampak samping bawah realme 12+ 5G

Isi Paket Penjualan 

Dalam boks penjualan dapat ditemukan aksesori kepala charger 67W SUPERVOOC Charge dan kabel tipe C, SIM ejector, casing transparan, serta kertas manual dan garansi. 

Antarmuka 

realme 12+ 5G menggunakan realme UI 5.0 yang berbasiskan Android 14. Tampilannya terlihat segar dan cukup ringan. Mungkin satu hal yang paling menyenangkan adalah tidak adanya iklan mengganggu di antarmuka utama. 

Selain membawa fitur-fitur baru Android, antarmuka ini juga diperkaya dengan beberapa fitur tambahan dari realme. Sebut saja File Dock, Flash Capsule, Smart Image Matting, dan Phonelink. 

File Dock sederhananya merupakan wadah untuk menaruh berbagai konten dan digunakan di aplikasi lain, sangat membantu saat melakukan multitasking. Meski tidak ada Mini Capsule, namun terdapat Flash Capsule yang memungkinkan layar untuk menampilkan status layanan yang sedang digunakan di background. 

Kemudian ada Smart Image Matting yang mampu mendeteksi objek pada foto, mengisolasi dan melakukan crop area tersebut untuk digunakan di platform lain hanya dengan gestur drag and drop. Sedangkan Phonelink mempermudah menghubungkan smartphone dengan komputer berbasis Windows. 

Kamera 

Jelas kamera menjadi hal utama yang diunggulkan di sini. realme 12+ 5G menggunakan kamera utama beresolusi 50MP dengan sensor Sony LYT-600 dengan dukungan SuperOIS. Sensor tersebut memiliki panjang fokus setara 26mm yang mendukung fitur 2x In-sensor Zoom dan Cinematic 2x Portrait Mode. 

Memanfaatkan resolusi yang besar, dengan melakukan zoom maka sistem akan mengambil 12MP dari total 50MP untuk mendapatkan tangkapan objek yang lebih dekat. 

Kemampuan kamera pada realme 12+ 5G ini juga semakin superior jika dibandingkan dengan kompetitornya berkat kehadiran SuperOIS. SuperOIS meningkatkan kestabilan pengambilan gambar pada smartphone ini dibandingkan dengan fitur OIS pada umumnya. 

Hasilnya tangkapan kamera realme 12+ 5G terlihat baik dari segi ketajaman, warna, dan kecerahan. Klaim realme yang mengunggulkan aspek kamera memang dapat dibuktikan lewat kemampuan foto smartphone yang satu ini. 

Foto yang diambil di lingkungan redup pun bisa tampil dengan baik di mana sumber-sumber cahaya mampu diseimbangkan sehingga tidak terlihat menguasai/merusak foto secara keseluruhan. 

Dan untuk urusan mode Portrait, realme juga mengklaim bahwa smartphone ini handal dalam urusan menangkap foto portrait. Dan sekali lagi, klaim ini benar. 

realme 12+ 5G tidak seperti smartphone lain di segmen harganya, smartphone ini menawarkan fitur-fitur eksklusif dalam hal mode portrait seperti algoritma bokeh yang sinematik, aperture yang dapat disesuaikan, dan fitur AI Beauty.

Selain kamera utama, di bagian belakang ada pula kamera Ultra-wide 8MP, dan kamera macro. Untuk selfie tersedia kamera 16MP. 

tampak belakang realme 12+ 5G

Berikut adalah contoh foto yang diambil dengan kamera utama realme 12+ 5G: 

foto outdoor realme 12+ 5G Foto Outdoor foto indoor realme 12+ 5G Foto Indoor 2x In-sensor Zoom 2x In-sensor Zoom Foto 1x Portrait dan 2x Portrait Foto 1x Portrait dan 2x Portrait (Istimewa) Foto Close-up Foto Close-up Foto Night Mode Foto Night Mode

Melengkapi berbagai fitur kamera unggulan di smartphone ini, realme juga bekerja sama dengan Claudio Miranda, sinematografer yang telah memenangkan Academy Award, untuk membuat filter khusus terinspirasi dari film karyanya yang terkenal pada realme 12+ 5G

Pertama adalah Journey: Filter yang terinspirasi oleh film "Life of Pi", menonjolkan warna-warna kontras tinggi sekaligus mengurangi nuansa kuning untuk efek foto bagaikan mimpi. Kedua, Memory: Terinspirasi oleh "The Curious Case of Benjamin Button", filter ini akan menonjolkan nuansa sejuk dengan mengurangi saturasi warna untuk menciptakan gaya foto sinematik yang tenang. Ketiga, Maverick: Mengambil inspirasi dari "Top Gun Maverick", filter ini meningkatkan kontras dan noise sekaligus memperkenalkan tone warna kuning dan hijau untuk menciptakan gaya retro. 

Performa 

Mengenai urusan dapur pacu, realme 12+ 5G dipasangkan chipset dari MediaTek yaitu Dimensity 7050 5G. Chipset ini menunjukkan tajinya dengan skor antutu yang lebih dari 500 ribu poin. Dimensity 7050 5G memiliki 8 inti mencakup 2 ARM® Cortex-A78 @2.6GHz dan 6 ARM® Cortex-A55 @2.0GHz. Kekuatan ini digabungkan dengan GPU Mali-G68 yang meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar. 

realme 12+ 5G tersedia dalam varian memori 256GB, dengan dukungan slot kartu microSD yang tergabung dalam SIM tray alias hybrid. 

Baterai 

realme 12+ 5G membawa baterai 5.000 mAh dengan teknologi 67W SUPERVOOC Charge. Dengan angka pengecasan yang besar itu, baterai di realme 12+ 5G bisa diisi hingga kapasitas 50 persen hanya dalam waktu 19 menit. 

Meski cepat, teknologi yang disematkan ini juga diklaim aman karena memiliki 38 protokol keamanan. Terdapat chip proteksi yang akan melindungi sejumlah kondisi berbahaya. 

Kesimpulan 

Smartphone realme 12+ 5G bisa menunjukkan giginya sebagai gadget andalan dengan segala spesifikasi dan fitur yang dibawanya, khususnya di bagian kamera dan performa

Smartphone ini menjadi salah satu rekomendasi yang patut dipertimbangkan di segmen ini. Meski varian plus jarang terdengar di lini Number Series, namun selama pengujian, smartphone ini masih memberikan aura seri Pro di Number Series khas realme. 

Kameranya juga tidak bisa diremehkan. Kehadiran sensor Sony LYT-600 yang umumnya digunakan di smartphone flagship kini dihadirkan realme di smartphone ini, bahkan dengan disokong dengan SuperOIS. 

realme akan menghadirkan harga khusus untuk pembelian realme 12+ 5G pada periode Flash Sale di tanggal 3 Maret 2024. realme 12+ 5G akan hadir dengan harga khusus di di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, akulaku, TikTok, dan realme.com.  

realme 12+ 5G juga sudah mulai dapat dipesan melalui sistem pre-order secara offline di realme Brand Store di seluruh indonesia pada 29 Februari-7 Maret 2024, yang menawarkan eksklusif benefit hingga total 2 juta rupiah. 

realme 12+ 5G akan tersedia di seluruh Indonesia mulai tanggal 8 Maret 2024.

Editor: Sponsored Content <%2

Tag:  #review #realme #smartphone #midrange #dengan #kamera #performa #mengesankan

KOMENTAR