Saingi Sony, Tecno Rilis Robot Anjing di MWC 2024
Robot anjing Tecno dilengkapi dengan fitur AI. (Tecno)
13:40
27 Februari 2024

Saingi Sony, Tecno Rilis Robot Anjing di MWC 2024

Para raksasa teknologi berlomba-lomba mengenalkan produk inovatif pada Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Tak mau kalah dari Sony, Tecno baru-baru ini merilis robot anjing pada pameran akbar tersebut.

Robot anjing milik Tecno diberi nama sebagai Dynamic 1. Perusahaan mengklaim bahwa Dynamic 1 adalah robot anjing dengan fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sehingga ia bisa berinteraksi dengan manusia.

"Ini merupakan pendamping sempurna seperti hewan peliharaan untuk masa depan," tulis Tecno melalui laman resmi perusahaan, dikutip Selasa (27/02/2024).

Sebelum MWC 2024, Sony juga telah mengenalkan robot anjing dengan segudang fitur futuristik. Robot anjing bernama Sony ERS-1000B bisa diprogram untuk mengeluarkan suara kucing, tikus, hingga menemani pemilik untuk "bernyanyi". Mata pada ERS-1000B juga berfungsi sebagai kamera. Robot anjing bisa mengabadikan momen menarik yang dilakukannya saat berinteraksi dengan pemilik.

Nantinya, pemilik bisa memberi makan robot anjing secara virtual melalui aplikasi aibo. Robot anjing juga bisa "berpura-pura" kenyang setelah diberi makan. Itu hanya "pura-pura" mengingat mereka sebenarnya ditenagai oleh baterai. Harga robot anjing milik Sony dibanderol sebesar 2.899 dolar AS atau Rp 45 juta.

Robot anjing Tecno dilengkapi dengan fitur AI. (Tecno)Robot anjing Tecno dilengkapi dengan fitur AI. (Tecno)

Sayang, Tecno hanya mengenalkan Dynamic 1 tanpa menyebut banderol harganya. Robot anjing milik Tecno tersebut belum meluncur secara komersial dan hanya dipamerkan di MWC 2024.

Dikutip dari Gadget360, Tecno Dynamic 1 mengemas baterai baterai jumbo berkapasitas 15.000 mAh. Pemilik bisa mengontrol robot menggunakan smartphone, alat kendali jarak jauh, dan perintah suara.

Robot anjing Tecno mengandalkan chipset octa-core yang belum diketahui serta membawa sensor binokular dan inframerah. Tecno Dynamic 1 juga hadir bersama kamera Intel Realsense D430. Dengan keluaran torsi sebesar 45 Nm/kg, mesin tersebut mampu melakukan beberapa tugas fisik, seperti naik turun tangga, melompat, berjabat tangan, bahkan handstand.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #saingi #sony #tecno #rilis #robot #anjing #2024

KOMENTAR